Sukses

Jan Ethes Berani Pegang Ular di Solo Safari, Jokowi Ungkap Hal yang Ditakuti Sang Cucu

Liputan6.com, Jakarta Jan Ethes Srinarenda memanfaatkan libur cuti bersama Imlek di Senin, 23 Januari 2023 dengan menemani sang kakek Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau persiapan opening Solo Safari di Solo, Jawa Tengah. Meski belum resmi dibuka, Ethes yang juga bersama adiknya La Lembah Manah bisa melihat aneka satwa di sana.

"Lihat ular, kelinci, kuda, kura-kura, ayam," kata Ethes menjawab pertanyaan wartawan.

Cucu pertama Jokowi ini juga mengatakan bahwa ia sempat mencoba kegiatan yang ada di sana. Seperti memberi makan satwa-satwa yang ada. Juga berinteraksi langsung dengan hewan yang ada di Solo Safari. Ethes berkesempatan menunggangi kuda.

"Senang (naik kuda)," kata Ethes tersenyum lebar seperti dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden pada Senin (23/1/2023).

Jokowi yang ada di belakang Ethes pun mengingatkan bahwa anak pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu juga sempat memegang hewan reptil ular.

"Pegang ular tadi," kata Jokowi sembari memengang tangan kanan Ethes.

Bagi kebanyakan orang geli bercampur takut saat memegang hewan melata itu. Namun, Ethes dengan percaya diri mengatakan dirinya tidak takut memegang ular besar berwarna kombinasi putih kuning yang berada di Solo Safari. 

"Endak (tidak takut)," jawab Ethes yang nampak segar dengan baju hijau.

Dari belakang Jokowi berceletuk bahwa yang Ethes takuti bukan ular melainkan barongsai.  Kemudian diiyakan bocah enam tahun lewat anggukan kepala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ngumpet di Belakang Jokowi Saat Nonton Barongsai

Kemarin, Ethes memang sempat melihat pertunjukan barongsai bersama Jokowi dan sang nenek Iriana Jokowi saat jalan sehat dalam rangkaian Peringatan Satu Abad Kota Solo pada Minggu, 22 Januari 2023.

Ethes bercerita bahwa ia senang mengikuti jalan sehat bersama sang kakek dan nenek sejaih 3,2 km. Namun, ketika ada pertunjukkan barongsai Ethes tampak memegang kuat Jokowi yang ada di sampingnya.

Bahkan Ethes pun melihat barongsai sambil sedikit bersembunyi di belakang badan Jokowi. Saat ditanya wartawan bahwa betul ia takut lihat barongsai.

"(Takut barongsai) iya karena besar," tutur Ethes.

3 dari 4 halaman

Cek Hasil Revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug

Jokowi mengatakan kunjungannya ke Solo Safari untuk melihat hasil revitalisasi taman satwa dikenal juga dengan Taru Jurug itu. Jokowi diajak putranya yang juga Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka melihat revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug. 

"Saya lihat sangat bagus, meskipun belum selesai sudah kelihatan akan menjadi sangat bagus dan menjadi destinasi baru wisata di Kota Solo," kata Jokowi.

General Manager Solo Safari Shinta Adithya menyebut bahwa Solo Safari merupakan salah satu taman bermain yang akan menjadi ikon baru Kota Solo. Shinta mengatakan Solo Safari ditargetkan akan mengubah tujuan wisatawan dari sekadar wisata kuliner menjadi wisata lainnya di Kota Solo.

"Mungkin kalau selama ini orang datang ke Solo fokusnya hanya kulineran saja, nanti ketika sudah ada Solo Safari harapannya bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk lebih lama _stay_ juga di Solo dan menjadi ikonnya Kota Solo," ujar Shinta.

 

4 dari 4 halaman

Solo Safari Buka 27 Januari 2023

Saat ini, progres revitalitasi Solo Safari fase 1 sudah mencapai 90 persen dan akan dibuka untuk umum pada tanggal 27 Januari 2023 mendatang.

"Semoga warga Solo bisa menikmati wisata yang sudah kita siapkan untuk warganya dan bisa menjadi kebanggaan buat kita semua," ungkap Shinta.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS