Sukses

Terdapat Senyawa Allicin, Ternyata Bawang Putih Bisa Redakan Sakit Gigi!

Ternyata bawang putih dapat meredakan sakit gigi.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa faktor dapat menjadi penyebab kenapa sakit gigi itu terjadi. Mulai dari gigi berlubang, infeksi pada gusi, hingga membersihkan gigi terlalu agresif.

Yup, yang pasti sakit gigi menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika sudah merasakan rasa sakit yang amat parah, Anda perlu pergi ke dokter untuk diberikan penanganan lanjutan.

Namun, jika rasa sakit tersebut masih bisa dikendalikan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk meredakan rasa sakit pada gigi, salah satunya dengan bawang putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terdapat Senyawa Allicin

Memang, bawang putih kerap dikenal sebagai salah satu bahan untuk menyedapkan rasa makanan atau bumbu, alih-alih untuk meredakan sakit gigi.

Padahal, bawang putih memiliki senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri serta antimikroba. Senyawa tersebut mampu membantu membunuh beberapa bakteri yang terkait dengan sakit gigi.

Yang harus dicermati, Anda harus menggunakan bawang putih segar untuk meredakan rasa nyeri yang terasa.

Selain itu, Anda juga harus menghancurkan, memotong atau mengiris hingga kecil satu siung bawang putih untuk mendapatkan manfaat dari senyawa allicin yang terdapat di dalamya.

3 dari 3 halaman

Efek Samping dan Cara Mengaplikasikannya

Selain bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang dalam masa diet, bawang putih juga dapat membantu meredakan nyeri sakit gigi. Akan tetapi, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu beberapa efek samping jika mengonsumsi bawang putih mentah.

Anda bisa merasakan kembung, bau mulut, bau badan, sakit perut, maag, refluks asam, hingga reaksi alregi.

Untuk meredakan rasa sakit gigi dengan bawang putih, Anda bisa melakukan beberapa cara. Tapi, sekali lagi, yang harus diingat adalah Anda menggunakan bawang putih segar, ya!

1. Kunyah Satu Siung Bawang Putih

Pertama, Anda bisa mengunyah secara perlahan satu siung bawang putih segar menggunakan gigi yang sakit. Cara tersebut bertujuan untuk melepaskan allicin yang akan membunuh bakteri di sekitar gigi Anda.

2. Haluskan Satu Siung Bawang Putih

Kedua, Anda juga bisa menghaluskan bawang putih segar menggunakan cobek atau sendok. Setelah dihaluskan, Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit garam. Lalu oleskan campuran bawang putih dan garam tersebut ke gigi yang sakit.

Nah, itu cara untuk meredakan sakit gigi dengan bawang putih. Alangkah baiknya, Anda bisa menjaga kesehatan gigi secara rutin untuk meminimalisir sakit gigi. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggosok gigi secara rutin dua kali sehari di pagi dan malam hari.

Dan jangan lupa untuk memilih pasta gigi yang memiliki kandungan lengkap dan teruji dalam merawat kesehatan gigi.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.