Sukses

Kenapa Sakit Pinggang Bisa Terjadi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Salah satu penyakit di tubuh yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari adalah sakit pinggang.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyakit di tubuh yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari adalah sakit pinggang. Memang, kondisi tersebut hanya masalah ringan dan temporer, akan tetapi jika tidak diatasi secara tepat bisa bertambah parah. 

Sakit pinggang merupakan kondisi nyeri di daerah lumbal dan sakral. Kondisi tersebut sangat umum dirasakan oleh orang dewasa. Namun, kondisi tersebut bukan hanya disebabkan oleh faktor usia semata, tetapi ada kondisi medis lainnya.

Untuk itu, Anda harus mengetahui penyebab sakit pinggang yang muncul saat aktivitas sehari-hari dilakukan ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Masalah Struktur Tulang

Salah satu yang menyebabkan munculnya sakit pinggang karena adanya masalah struktural tulang pada tubuh. Ada berbagai macam masalah struktural yang terjadi, seperti saraf kejepit, kelainan tulang belakang, penyempitan ruas tulang belakang, hingga osteoporosis.

2. Postur Tubuh yang Buruk

Sakit pinggang juga dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk. Postur tubuh ini berkaitan dengan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari. 

Semisal Anda sering membungkuk, mengangkat suatu barang yang beratnya berlebih, atau duduk terlalu lama. Ketiga aktivitas tersebut dapat memicu munculnya sakit pinggang. Pasalnya aktivitas tersebut dapat memicu otot-otot tubuh menjadi tegang.

3. Duduk Terlalu Lama

Seperti sudah disinggung sebelumnya, duduk terlalu lama juga dapat memicu sakit pinggang. Duduk terlalu lama dapat menyebabkan pemendekan otot hamstring yang akan memengaruhi ritme lumar pelvis.

3 dari 3 halaman

4. Seringnya Melakukan Aktivitas Berat

Sakit pinggang juga disebabkan oleh seringnya Anda melakukan aktivitas yang teramat berat. Dengan Anda melakukan aktivitas tersebut, risiko cidera atau otot yang tegang akan semakin besar. 

Tak hanya itu, jika Anda melakukan gerakan mendadak yang dapat mengejutkan otot pada tubuh, sakit pinggang pun akan muncul. Bahkan, kondisi tersebut akan menyebabkan tegangnya ligamen Anda.

5. Masalah Ginjal

Jika Anda merasakan sakit pinggang di bagian kiri, itu bisa disebabkan oleh masalah ginjal. Masalah ginjal yang menyebabkan sakit pinggang dapat muncul karena terdapat infeksi atau batu ginjal.

Hal tersebut merupakan kondisi yang sangat serius. Pasalnya, batu ginjal merupakan kondisi endapan padat yang menumpuk di ginjal. Kondisi tersebut juga dapat memicu berbagai hal lainnya. 

Untuk meminimalisir permasalahan sakit pinggang yang dikarenakan oleh masalah ginjal, Anda harus menjaga hidrasi dalam tubuh agar selalu tercukupi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan rutin minum air mineral yang terjamin senyawa di dalamnya dan memiliki mineral esensial.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini