Sukses

Efek Positif Lato-Lato, Kurangi Kecanduan Gawai dan Bikin Tertawa

Efek positif main lato-lato dapat mengurangi kecanduan gawai dan membuat tertawa.

Liputan6.com, Jakarta Permainan lato-lato dianggap dapat mengakibatkan cedera jika tak berhati-hati dimainkan, namun ada sisi positif yang dapat melatih kemampuan anak. Latihan gerak tangan saat berupaya membenturkan kedua bola lato-lato dapat membuat fungsi motorik anak berkembang.

Menurut pemerhati Anak (Child Expert) Retno Listyarti, lato-lato utamanya juga dapat mengurangi anak kecanduan gawai untuk bermain gim (game). Dengan main lato-lato yang biasanya bersama-sama dengan teman-teman lain, perlahan-lahan paparan main gim pada layar ponsel atau media lain berkurang.

"Lato-lato bisa mengalihkan dan mengurangi dampak kecanduan gawai yang saat ini banyak dialami oleh anak-anak. Mainan ini bisa menstimulus kemampuan motorik anak, meningkatkan fungsi koordinasi antara kemampuan kognitif dan motorik," terangnya dalam keterangan yang diterima Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (10/1/2023).

"Fungsi koordinasi antara kognitif dan motorik halus di tangan anak ini terjadi ketika anak berusaha memainkan lato-lato hingga menimbulkan bunyi etek-etek."

Tak hanya itu saja, mainan anak lato-lato dapat melatih anak untuk fokus dan konsentrasi. Anak juga dapat menjaga keseimbangan.

"Berpotensi memunculkan sikap kompetitif atau mendorong anak untuk mencapai target untuk berjuang sampai bisa memenangkan momen itu (membenturkan bola)," lanjut Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Media Healing Membuat Tertawa

Dari sisi mental, Retno Listyarti menyampaikan, lato-lato bisa jadi media buat healing. Hal ini ditandai saat bermain lato-lato membuat tertawa.

Di kalangan anak-anak, harga lato-lato juga terjangkau dan murah meriah. Tak ayal, banyak anak menyerbu para penjaja lato-lato.

"Permainan lato-lato juga dapat menjadi healing secara sederhana. Karena permainan ini mampu membuat anak-anak yang memainkannya tertawa, merasakan senang, dengan harga yang murah dan terjangkau," ujar Retno.

Permainan lato-lato kini sedang hits di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memainkan lato-lato bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi sebuah pasar di Subang, beberapa pekan lalu.

Diketahui, lato-lato bukan mainan tradisional Indonesia, melainkan berasal dari Amerika Serikat (AS), yang juga sering disebut sebagai knockers atau ball clackers. Keseimbangan dan konsenterasi pemainnya jadi kunci keberhasilan memainkan lato-lato.

3 dari 4 halaman

Dipakai Saat Momen Pernikahan

Keceriaan lato-lato salah satunya sempat direkam saat momen pernikahan dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @muhammad07057, pada Kamis, 5 Januari 2023. Alih-alih disambut alunan musik romantis atau rebana, pasangan pengantin justru disambut anak-anak yang berbaris rapi sambil memainkan lato-lato di lokasi resepsi.

Sambut dengan rebana X Sambut dengan Latto-Latto V, tulis pemilik akun dalam keterangan unggahannya.

Suara lato-lato yang khas itu membuat suasana pernikahan semakin meriah. Tamu undangan yang harusnya terharu malah jadi tertawa.

Pengantin dan keluarga yang hadir pun juga ikut tertawa geli melihat kelakuan anak-anak yang menyambut mereka dengan lato-lato. Yang lebih mengesankan lagi, mereka terlihat lihai memainkan lato-lato.

Hasilnya, suara yang dihasilkan dapat bertahan lama hingga pengantin masuk ke pelaminan. Mereka yang memainkan lato-lato sepertinya diseleksi dulu dan yang terpilih adalah yang benar-benar sudah mahir memainkannya.

4 dari 4 halaman

Konsep Pernikahan yang Unik

Video lato-lato dalam momen pernikahan yang diunggah pun menjadi viral. Warganet ikut terhibur dengan konsep pernikahan yang unik tersebut.

"Dah lah lato2 bentar lagi jadi tradisi nikah," komentar seorang warganet.

"Pengantin nya tau aja. nyewa Hadroh bisa Rp500 ribu-1 jutaan jutaan. cukup mengundang bocil kampung suruh main lato lato kayaknya gak nyampe 100 ribu udah bisa," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 1 juta kali dan disukai lebih dari 80 ribu kali.

Di sisi lain, ternyata bagi sebagian orang, permainan lato-lato dihindari karena suara yang ditimbulkan cukup membuat bising. Karena itu, masyarakat diimbau untuk bijak dalam bermain lato-lato agar tidak mengganggu yang lain.

Dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, jangan sekali-kali memainkan permainan lato-lato di samping orang yang lagi mengaji, kenapa? Orang yang sedang mengaji tentunya sedang melakukan ibadah dan mengumpulkan pahala. Akan sangat tidak pantas jika orang yang sedang mengaji terganggu dengan suara lato-lato ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.