Sukses

Cipung Haji Oka Trending di Twitter, Apa Sih Maksudnya?

Cipung Haji Oka masuk dalam deretan trending topic Twitter Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Siang ini, kolom trending Twitter di Indonesia lagi-lagi terisi oleh sesuatu yang tak terduga. Cipung haji oka masuk dalam salah satu diantaranya dengan lebih dari 1.600 cuitan.

Setelah ditelusuri, cipung haji oka ternyata bermula dari video yang diunggah oleh akun media sosial TikTok @akantalkintil atau Aka Kasep. Dalam banyak video yang diunggah, pemilik akun kerap merekam momen lucu dari para pembeli yang datang ke warung.

"Jaga warung bocil lotek beli cipung," tulis keterangan dalam video yang diunggah pada Kamis, 29 Desember 2022 lalu.

Video diawali dengan suara bocah kecil (bocil) yang mengucapkan salam lebih dulu. Dirinya mengaku ingin membeli pesanan untuk ibunya. Bocil menjelaskan bahwa dirinya ingin membeli cipung haji oka.

"Punteeeeuuunnn. Aaaa beli," kata si bocil.

"Neng beli apa atuh neng? Jangan bikin pusing yah ini mah warung bukan eat bulaga jadi kita tuh harus nebak gitu," ujar Aka merespons. 

"Beli cipung haji oka," jawab bocil. 

"Cipung mah anak Nagita ih sama Raffi Ahmad --- Eh, cipung haji oka apa gak tau aku mah," kata Aka.  

"Itu yang warna putih. Namanya cipung," ujarnya.

"Cipung cipung. Cipung mah ini Rayyanza adiknya Rafathar. Cipung haji oke teh apa? Buat apa? Buat masak apa?" tanya Aka lebih lanjut. 

"Buat masak. Buat bikin-bikin. Buat bikin," ujar bocil sambil berusaha menjelaskan. 

Bocil tersebut mengungkapkan bahwa cipung haji oka adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat gorengan. Ternyata, tak lama terungkap bahwa cipung haji oka yang dimaksud oleh bocil satu ini adalah tepung tapioka.  

"Tepung tapioka... Haji oka mah siapa heh. Nih, ini seperempat," kata Aka yang tak bisa menahan tawa usai mengetahui cipung haji oka yang dimaksud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beli Lotek untuk Ibu

Tak hanya cipung haji oka, bocil yang bersangkutan juga lanjut berbelanja karena hendak membeli lotek pesanan ibunya.

"Terus beli lotek lagi," ujarnya.

Pada video berbeda, bocil tersebut sebelumnya sempat datang untuk membeli lotek. Aka menyebut bahwa di sana dirinya tidak menjual lotek. Seperti diketahui, lotek aslinya adalah makanan khas Sunda berisi sayuran segar yang mirip dengan gado-gado.

"Di sini mah enggak jualan lotek," kata Aka.

"Lah itu. Pampers buat mama," jawab si bocil polos.

"Pampers buat mama. Itu mah softex," ujar Aka yang hampir bengek karena tertawa.

3 dari 3 halaman

Dapat Banyak Respons Warganet

Dua video yang diunggah oleh Aka itu akhirnya dibanjiri dengan respons warganet. Bahkan, video pertama soal lotek sudah ditonton lebih dari 6,8 juta kali oleh pengguna TikTok.

Video membeli lotek itu juga disukai oleh lebih dari 561 ribu pengguna dan mendapatkan lebih dari 8.300 komentar. Kolom komentar dipenuhi dengan warganet yang ikut tertawa usai mengetahui lotek yang dimaksud.

Sedangkan video membeli cipung haji oka sudah ditonton oleh lebih dari 6,7 juta kali, disukai oleh lebih dari 500 ribu pengguna TikTok, dan lebih dari 8.800 komentar.

Kini, cipung haji oka pun masih terus dibicarakan oleh warganet terutama di Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.