Sukses

Manfaat Kompres Es Batu untuk Wajah, Bisa Kurangi Bengkak hingga Jerawat

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda lakukan untuk mengurangi mata bengkak serta lingkaran hitam di bawah mata? Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan mengompres es batu di area tersebut.

Jason R. McKnight, MD, MS, seorang dokter yang juga asisten profesor klinis di Texas A&M College of Medicine, mengatakan bahwa banyak ahli kecantikan menawarkan perawatan es untuk mencerahkan atau menghilangkan bengkak di kulit. Hal tersebut bisa juga dilakukan sendiri di rumah. 

"Hanya dengan kantong plastik dan beberapa es batu," kata McKnight dikutip dari Insider.

Mengompres wajah dengan es batu bisa menjadi rutinitas tambahan perawatan kulit yang sederhana, tetapi memberikan manfaat kecantikan yang signifikan. Inilah beberapa manfaat es batu untuk wajah:

1. Membantu mengurangi bengkak

Bengkak terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit melebar. Ini dapat terjadi pada pagi hari setelah Anda minum alkohol atau jika mengalami demam atau alergi lainnya.

"Mengompres area tersebut dapat membantu karena suhu dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi pembengkakan," kata Hadley King, dokter kulit bersertifikat.

Sementara Candace Marino, ahli kecantikan dan pemilik berlisensi dari THE LA FACIALIST, konsep yang sama juga dilakukan ketika Anda mengalami cedera atau bengkak di tubuh, dokter biasanya meminta Anda mengompresnya dengan es batu. Nah, saat ini konsep tersebut digunakan untuk tujuan estetika.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Atasi Kantung Mata

Jika seseorang mengalami dehidrasi atau makan terlalu banyak garam pada malam sebelumnya, cairan dapat menumpuk di bawah kulit wajah saat Anda tidur, menyebabkan bengkak di pagi hari. Bagi banyak orang, bengkak ini tampak sebagai kantung mata yang besar.

Mendinginkan kulit dengan es dapat membantu mengalirkan cairan dari area bawah mata melalui sistem limfatik.

3. Mengurangi peradangan di kulit

Banyak kondisi kulit, seperti jerawat dan rosacea, yang dipicu oleh peradangan pada kulit. Mengoleskan es pada kulit dapat membantu meredakan peradangan, mengurangi rasa gatal, dan juga dapat mengurangi kemerahan dengan menyempitkan pembuluh darah.

Namun, periksakan diri ke dokter dan memulai secara perlahan, hanya beberapa detik setiap kali, karena dingin juga dapat memicu iritasi kulit bagi sebagian orang.

 

3 dari 3 halaman

Perhatikan Saat Mengompres dengan Es

 

Usahakan menjaga suhu tetap terkendali. Pada beberapa kasus, kulit bisa kedinginan karena es sehingga dapat mengiritasi wajah serta menyebabkan luka bakar merah yang menyakitkan. 

"Jangan gunakan es batu secara langsung," kata King.

Sebagai gantinya, yang terbaik adalah membungkus es batu dengan waslap tipis untuk melindungi kulit.

 Anda juga harus memutar es tersebut di sekitar wajah selama prosesnya. Jika memiliki kondisi kulit yang meradang, Anda mungkin perlu melakukan percobaan untuk melihat apakah es membantu atau mengurangi gejala. Misalnya, beberapa penderita eksim membaik dengan suhu dingin, sementara yang lain merasa lebih buruk.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS