Sukses

Lepas Stres dengan Cara Mudah dan Murah, Cukup Siapkan Kertas dan Alat Tulis

Ada cara sederhana untuk healing, salah satunya dengan bermodalkan selembar kertas kosong dan alat tulis seperti spidol.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk melepas penat dari tuntutan pekerjaan ataupun rutinitas sehari-hari. Kegiatan melepas lelah yang kini populer dengan sebutan 'healing' ini tak selalu harus menguras kocek. Ada cara sederhana untuk healing, salah satunya dengan bermodalkan selembar kertas kosong dan alat tulis seperti spidol.

Pendiri dan CEO Ganara Art TIta Djumaryo mengatakan, menghilangkan stres di rumah bisa dilakukan dengan membuat garis apa pun pada selembar kertas.

"Siapkan spidol dan kertas kosong, kalau sedang emosi kita bisa tutup mata dan bikin garis apa pun," ujar Tita di Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022, dilansir Antara.

Teknik melepas stres dengan cara ini memadukan antara seni dan mengatur napas. Sembari membuat garis-garis di kertas kosong, entah itu dengan spidol, pulpen, pensil, atau bahkan krayon, cobalah untuk melakukannya sembari mengatur napas.

Setelah membuat garis, tarik napas secara teratur. Lakukan hal itu secara berulang. ANda juga bisa menorehkan garis secara acak sehingga nantinya membentuk motif abstrak. Trik menghilangkan penat secara mudah ini sering diterapkan oleh Tita di sela rapat daring yang kadnag memicu stres.

Tita mengatakan, selain untuk berekspresi, seni bisa jadi sarana untuk melepas penat atau 'healing'. DI tempat yang didirikannya, misalnya, individu bisa menghilangkan stres dengan cara mengikuti kelas-kelas seni seperti membuat kreasi tanah liat hingga melukis di kain atau kanvas. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Healing Tidak Harus Selalu Liburan

Dalam kesempatan berbeda, Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Galang Lufityanto menjelaskan, hal terpenting saat ingin pulih dari rasa jenuh atau stres yakni dengan mengetahui masalah lalu mencari penyelesaiannya.

"Cari dulu masalahnya apa, baru healing. Misalnya karena ada masalah dengan rekan kerja atau atasan maka healing dengan liburan atau staycation jadi tidak cocok. Ini malah seperti melarikan diri," katanya di Yogyakarta.

Menurutnya, iburan bisa menjadi pilihan healing apabila persoalan yang dihadapi terkait dengan padatnya pekerjaan sehingga tidak punya waktu untuk beristirahat. Dalam kondisi tersebut, healing dengan liburan atau staycation menjadi cara yang pas untuk mengurai kelelahan kerja.

Namun healing tidak selalu identik dengan hal mahal. Termasuk tidak harus selalu dengan berlibur atau staycation di hotel mewah.

3 dari 3 halaman

Healing Bisa dengan Melakukan Hobi

Healing bisa dilakukan di rumah sesederhana mengerjakan hobi."Bisa dilakukan dengan membuat proyek-proyek kecil di rumah. Misalnya mengerjakan hobi seperti merancang, memasak, menjahit, dan lainnya," kata dia.

Dengan melakukan aktivitas ringan yang bisa menghasilkan sesuatu dengan cepat, ujar Galang, hal ini memunculkan perasaan lebih bahagia karena mampu mencapai tujuan.

Selain itu, dapat pula dengan mindfulness, yakni teknik melatih fokus untuk memahami diri sendiri dengan apa yang dirasakan dan dialami.

"Mindfulness ini adalah salah satu teknik healing yang cukup efektif. Contohnya bisa dengan relaksasi seperti meditasi maupun mengatur pernapasan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.