Sukses

Pakar Ungkap Jenis Teh Terbaik untuk Kesehatan Usus

Dalam hal memberi nutrisi pada usus Anda, teh menempati urutan teratas dalam daftar. Dan apa yang teratas bagi banyak ahli gastroenterologi?

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan usus Anda tidak hanya ditentukan oleh apa yang Anda makan, tetapi juga dipengaruhi oleh apa yang Anda minum. Dalam hal memberi nutrisi pada mikrobioma Anda, teh menempati urutan teratas dalam daftar. Dan apa yang teratas bagi banyak ahli gastroenterologi?

Dilansir dari Livestrong, Kombucha terdaftar sebagai peringkat pertama teh yang memiliki efek baik untuk kesehatan usus.

Kombucha biasanya dibuat dengan teh hitam, yang kaya akan probiotik. Faktanya, probiotik yang meningkatkan kesehatan usus adalah produk sampingan dari proses fermentasi. Probiotik adalah jenis bakteri "baik" yang mempromosikan mikroba sehat di usus Anda, dikutip dari Mayo Clinic.

"Sebagian besar manfaat kombucha adalah probiotiknya. Ini membantu [menyediakan] populasi bakteri yang baik dan mengurangi atau menghilangkan populasi yang buruk," kata Andrew Boxer, MD, ahli gastroenterologi di Gastroenterology Associates of New Jersey.

Meskipun mengonsumsi suplemen probiotik semakin populer, pil tersebut tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA).

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, itu berarti perusahaan suplemen dapat membuat klaim tentang manfaat produk mereka tanpa persetujuan FDA untuk mendukungnya.

Maka makanlah dan minumlah probiotik Anda melalui berbagai makanan fermentasi, seperti yoghurt, kefir, kimchi, asinan kubis, dan kombucha, dapat membantu memastikan Anda mendapatkan semua jenis bakteri baik.

Berikut ini daftar manfaat kombucha untuk pencernaan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ini Sumber Probiotik yang Sangat Baik

Memiliki proliferasi mikroba baik di usus Anda penting untuk menjaga agar bakteri penyebab penyakit tetap terkendali.

Ketika ada terlalu banyak bakteri jahat di usus Anda karena stres, penyakit, dan kebiasaan tidak sehat, hal itu dapat menyebabkan disbiosis (kurangnya keragaman mikroba) yang terkait dengan penyakit kronis, seperti penyakit radang usus (IBD), obesitas dan kanker, menurut tinjauan April 2015 di ‌International Journal of Molecular Sciences‌.

"Anda mendapatkan probiotik dalam kombucha karena proses fermentasinya," kata Aditi Chhada, MD, ahli gastroenterologi di Gastroenterology Associates of New Jersey. "Selain itu, Anda mendapatkan antioksidan dan vitamin [dari teh] yang diproduksi selama proses fermentasi. Polifenol dalam teh ini menjadi lebih tersedia untuk dimanfaatkan tubuh kita."

Proses fermentasi menghasilkan bakteri yang mempromosikan keragaman microbiome dan lebih banyak antioksidan daripada yang awalnya ada di dalam teh, menurut Dr. Chhada.

"Ada studi tahun 2021 oleh kelompok riset Stanford yang pada dasarnya mengamati makanan fermentasi, termasuk kombucha, dan memberi orang [makanan] kaya makanan fermentasi serta makanan kaya serat. Apa yang mereka temukan adalah diet makanan fermentasi, yang termasuk kombucha, menyebabkan penurunan penanda inflamasi yang signifikan pada orang-orang tersebut," jelas Dr. Chhada.

Menurut studi kecil Juli 2021 di ‌Cell‌, yang mencakup 36 orang dewasa yang mengikuti diet 10 minggu, porsi besar makanan dan minuman fermentasi seperti kombucha meningkatkan keragaman mikroba secara keseluruhan.

Studi yang sama menemukan bahwa makan lebih banyak makanan fermentasi menghasilkan penurunan kadar sitokin. Peningkatan kadar sitokin pada kondisi stabil terkait dengan peradangan kronis tingkat rendah.

"Probiotik dapat membantu semua masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan IBD, dan dapat membantu mengatasi nyeri IBD, kembung, diare, dan sembelit," kata Dr. Boxer.

 

3 dari 4 halaman

2. Mengandung Polifenol

Probiotik bukan satu-satunya alasan kombucha adalah pilihan minuman yang baik untuk mempromosikan mikrobioma yang lebih sehat dan lebih seimbang. Karena teh adalah bahan dasar kombucha, teh juga mengandung bahan kimia kuat yang disebut polifenol yang membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda, kata Dr. Chhada.

“Teh pada umumnya baik itu teh hijau, teh hitam, teh oolong atau teh putih, mengandung polifenol, yaitu bahan kimia pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan tertentu. Dan secara umum antioksidan adalah bahan kimia yang melindungi sel-sel tubuh dari komponen-komponen yang bertanggung jawab atas kerusakan dalam tubuh, seperti radikal bebas,” ungkapnya.

Chhada mencatat bahwa teh hijau secara alami memiliki lebih banyak polifenol daripada teh hitam karena cara pemrosesannya. Banyak kombucha yang dibeli di toko memiliki kombinasi teh hitam dan hijau, termasuk merek seperti Health-Ade dan GT's Synergy.

Sebagai catatan, Dr. Chhada merekomendasikan agar Anda membeli kombucha yang mengandung kurang dari 0,5 alkohol berdasarkan volume (ABV) dan yang rendah gula.

Umumnya, Anda ingin menghindari kombucha dan minuman lain dengan ABV yang sangat tinggi karena alkohol memiliki sifat penyebab kanker, katanya.

 

4 dari 4 halaman

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Bakteri di usus Anda berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Tidak sepenuhnya jelas bagaimana komposisi usus Anda memengaruhi sistem kekebalan Anda, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kanker mungkin merupakan hasil dari perubahan susunan usus Anda, menurut Johns Hopkins Medicine.

Meskipun tidak ada penelitian yang dirancang dengan baik secara khusus tentang efek kombucha pada kesehatan usus orang yang hidup dengan IBD atau IBS, penelitian kecil menunjukkan bahwa polifenol dalam teh dapat membantu mengurangi sel kanker usus besar, kata Dr. Chhada.

Menurut tinjauan September-Oktober 2013 di ‌Biotechnology Advances‌, makanan yang mengandung polifenol, seperti sayuran, teh, kopi, dan cokelat, terkait dengan risiko perkembangan kanker yang lebih rendah. Beberapa polifenol ini telah terbukti melindungi terhadap kanker usus besar karena sifat kemoprotektifnya.

Masalahnya, Anda harus minum teh dalam jumlah besar (sekitar 4 hingga 5 cangkir sehari) untuk mendapatkan efek ini, yang tidak praktis bagi kebanyakan orang, kata Dr. Chhada.

Mengenai berapa banyak kombucha yang harus Anda minum, Dr. Chhada merekomendasikan satu cangkir sehari. "Tapi datanya masih belum diketahui tentang apa yang sebenarnya cukup untuk membuat dampak kesehatan."

Intinya adalah ketika dikombinasikan dengan makanan fermentasi, kombucha dapat sangat bermanfaat bagi mikrobioma Anda, dan pada gilirannya, kesehatan Anda secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.