Sukses

5 Masalah Kesehatan Kaki Akibat Salah Pilih Sepatu

Meski memiliki peranan yang teramat penting, sayangnya, seringkali kenyamanan dan kesehatan kaki dianggap remeh, bahkan terabaikan, sampai masalah yang timbul menjadi serius.

Liputan6.com, Jakarta Meski memiliki peranan yang teramat penting, sayangnya, seringkali kenyamanan dan kesehatan kaki dianggap remeh, bahkan terabaikan, sampai masalah yang timbul menjadi serius.

Seperti disampaikan Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Foot & Ankle Jakarta Knee & Shoulder Orthopedic Sport Centre (JKOSC) RS Pondok Indah Astuti Pitarini, kaki merupakan anggota tubuh yang penting dalam kehidupan manusia.

"Selain bertugas menopang beban tubuh ketika berdiri, kaki juga menjadi anggota gerak yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari," katanya dalam keterangan pers, Kamis (15/12/2022).

Untuk itu, kata Astuti, sangat penting mengetahui jenis telapak kaki yang agar membantu Anda menentukan alas kaki yang sesuai dengan kondisi masing-masing kaki. 

Perlu diketahui, lebih dari 80 persen permasalahan pada kaki dapat dicegah dengan memakai footwear yang baik.

"Jangan lupa, pemilihan alas kaki, terutama sepatu, harus selalu dievaluasi seiring dengan pertambahan usia karena bentuk kaki juga dapat mengalami perubahan akibat aktivitas sehari-hari," jelasnya.

Astuti menerangkan, perubahan yang dapat terjadi, antara lain:

- Ligamen dan tendon di kaki semakin longgar sehingga menyebabkan kaki semakin lebar dan meregang. Keadaan ini juga dipengaruhi oleh gravitasi dan peningkatan berat badan

- Lengkung telapak kaki semakin datar, sehingga kaki menjadi lebih panjang

- Heel pad atau lapisan lemak di area tumit menjadi lebih tipis

- Bentuk jari kaki berubah karena penggunaan sepatu dengan bentuk yang bervariasi

- Kandungan air di dalam urat, otot, dan ligamen berkurang. Hal ini meningkatkan risiko cedera, robek, atau kekakuan sendi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Salah Pilih Sepatu

"Memaksakan kaki untuk menggunakan sepatu yang kurang sesuai dengan jenis dan ukuran kaki dapat meningkatkan risiko terjadinya luka atau cedera," kata Astuti.

Kendati demikian, masih banyak orang yang hanya mengutamakan estetika dibandingkan kenyamanan dalam memilih sepatu.

"Tidak sedikit yang akhirnya membutuhkan terapi hingga operasi untuk menanganimasalah pada kaki yang terjadi akibat penggunaan sepatu yang tidak tepat," ungkapnya.

Tak hanya menimbulkan rasa nyeri pada kaki, sepatu yang tidak tepat dapat menimbulkan beberapa masalah, antara lain:

 

3 dari 4 halaman

1. Bunion

Bunion merupakan benjolan tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Pada kondisi ini, ujung jempol kaki akan tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki untuk menonjol.

Selain faktor genetik atau kondisi medis, bunion juga dapat disebabkan oleh penggunaan sepatu yang terlalu ketat dan sempit.

Kondisi bunion yang semakin parah dapat menyebabkan penderita sulit berjalan dan menggunakan alas kaki karena benjolanmenjadi lebih besar dan terasa menyakitkan.

2. Hammer Toe

Hammer toe merupakan kelainan bentuk yang menyebabkan jari kaki menekuk atau melengkung ke bawah. Kelainan bentuk ini paling sering memengaruhi jari kaki telunjuk atau tengah.

Meskipun kondisi ini bisa jadi bawaan saat lahir, hammer toe juga dapat disebabkan oleh radang sendi atau pemakaian sepatu yang tidak pas.

3. Kapalan

Kapalan adalah lapisan kulit yang tebal dan mengeras yang terjadi saat kulit mencoba melindungi diri dari gesekan dan tekanan secara konstan.

Meskipun terasa sakit dan tidak enak dilihat, kapalan umumnya bukan merupakan kondisi medis serius. Salah satu penyebab berkembangnya kapalan adalah pemakaian sepatu yangterlalu ketat.

 

4 dari 4 halaman

4. Kuku Tumbuh ke Dalam

Kuku yang tumbuh ke ke dalam daging ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan. Hal ini sering terjadi pada ibu jari kaki karena kuku dipotong terlalu pendek. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena tersandung, tertimpa benda berat, atau menerima tekanan berulang pada area ibu jari kaki. Cedera inidapat semakin parah jika penderita menggunakan sepatu yang terlalu sempit.

5. Keseleo

Keseleo merupakan kondisi ketika ligamen di pergelangan kaki tertarik atau robek, sehingga menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan di area cedera.

Sepatu dengan hak tinggi dan lancip adalah jenis sepatu yang paling berisiko menyebabkan cedera. Hal ini disebabkan oleh tumpuan berat tubuh pada ujung hak berbentuk lancip yang meningkatkan risiko terjatuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.