Sukses

Saran Dokter agar Tetap Produktif Usai Semalam Begadang Nonton Piala Dunia

Usai begadang semi final Piala Dunia 2022 kemungkinan besar ngantuk karena kurang tidur. Ini tips bagi Anda agar tetap produktif hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Semalam begadang nonton Argentina versus Kroasia di Piala Dunia 2022? Jika iya, mungkin Anda sekarang tengah mengantuk karena waktu tidur yang berkurang.

Orang dewasa idealnya tidur 7-9 jam agar tubuh dapat berfungsi optimal. Namun, sudah masuk semifinal Piala Dunia 2022 bagi penggemar sepak bola tentu amat sayang dilewatkan begitu saja.

Dokter Abi Noya menyarankan untuk segera tidur usai pertandingan sepak bola berakhir. Jika keesokan harinya libur, bisa bangun siang atau tidur siang.

“Disarankan untuk segera tidur begitu pertandingan bola berakhir. Jika keesokan harinya libur, bisa mematikan alarm hingga terbangun secara alami atau setidaknya luangkan waktu untuk tidur siang. Hal ini bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala," kata dokter Abi Noya yang juga Medical Content Marketing Senior Manager dari Alodokter.

Ia juga tidak menyarankan untuk begadang setiap hari. Hal ini bisa mengganggu ritme sirkadian (siklus tidur-bangun alami tubuh), yang nantinya akan dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku sepanjang hari.

Jika terdapat gangguan tidur yang membuat kualitas atau jam tidur berkurang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter bisa lewat online maupun langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips agar Tetap Produktif, Minum Kopi Secukupnya

Supaya aktivitas tetap sehat dan produktif usai semalam begadang nonton Piala Dunia, berikut ada beberapa saran dari dokter Abi Noya :

1. Minum Cukup

Menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Disarankan mengonsumsi 8-10 gelas air putih dalam sehari. Hal ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik, sehingga Anda bisa tetap fokus dalam menjalani keseharian.

2. Konsumsi Kopi Secukupnya

Kopi memiliki peran sebagai stimulan yang dapat meningkatkan fokus, energi, semangat, dan mengusir kantuk. Namun, jika mengonsumsi kafein berlebihan dapat membuat sulit tidur dan beristirahat, sehingga berujung lebih mudah merasa lelah.

Jadi, jika Anda ingin minum kopi atau minuman berkafein lainnya, sebaiknya secukupnya saja. Selain itu, untuk menjaga produktivitas, daya konsentrasi, dan kesehatan secara umum, sebaiknya hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol, apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

 

3 dari 4 halaman

Sempatkan Olahraga Ringan

3. Olahraga Ringan

Supaya tetap berstamina dan penuh semangat, sebelum memulai aktivitas pagi, lakukanlah olahraga ringan, seperti jalan pagi dan stretching.

Hasil lebih baik bila dilakukan di bawah sinar matahari dan paparan udara segar, yang dapat memberi stimulasi tambahan pada tubuh untuk tetap terjaga.

4. Konsumsi suplemen multivitamin

Mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga imunitas dan stamina tetap optimal. Misalnya mengandung vitamin B, C, D, dan berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

5. Batasi Asupan Gula

Tubuh memproduksi hormon leptin dan ghrelin saat tidur. Kedua hormon tersebut berfungsi untuk mengendalikan lapar dan kenyang dalam tubuh. Namun ketika kita kurang tidur, hormon menjadi tidak seimbang termasuk membuat kita kelebihan hormon ghrelin, sehingga membuat kita mudah lapar.

Ketika begadang, ada kecenderungan untuk ingin makan terus.Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, seperti permen, makanan cepat saji, soda, dan minuman kemasan lainnya.

Siapkan camilan sehat sebelum menonton pertandingan seperti buah, low fat yogurt, salad, kacang-kacangan, edamame rebus. Makan secukupnya saja ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini