Sukses

3 Alasan Baik Berjalan Setelah Makan, Turunkan Gula Darah hingga Atasi Kembung

Pertama-tama, ingatlah kembali fungsi anatomi manusia: Saat Anda makan karbohidrat, tubuh Anda memecahnya menjadi gula selama pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang biasanya Anda lakukan setelah makan? Apakah duduk di depan komputer saat makan siang atau duduk di sofa depan TV setelah makan malam?

Jika iya, sebaiknya Anda memahami manfaat dari sekadar berjalan sebentar setelah makan. Entah itu Anda berkeliling blok atau naik turun tangga, dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti mempercepat metabolisme hingga menurunkan gula darah.

Dilansir dari Livestrong, berikut ini tiga alasan untuk memotivasi Anda bergerak setelah makan sebelum kembali duduk lama.

1. Kadar Gula Darah Anda Akan Stabil

Pertama, ingatlah kembali fungsi anatomi manusia: Saat Anda makan karbohidrat, tubuh Anda memecahnya menjadi gula selama pencernaan.

Saat gula memasuki aliran darah Anda, kadar gula darah Anda meningkat. Sebagai tanggapan, tubuh Anda melepaskan insulin, yang memungkinkan sel Anda menyerap dan menyimpan gula. Kadar gula darah Anda kemudian menurun saat gula diserap ke dalam sel.

Meskipun menghindari makanan manis atau tinggi glisemik (yaitu, karbohidrat sederhana) dapat membantu memodulasi kadar gula darah, berjalan-jalan setelah makan juga dapat membantu.

Sebuah tinjauan Februari 2022 di Sports Medicine‌ menemukan beberapa menit berjalan dengan intensitas ringan setelah makan secara signifikan mengurangi lonjakan dan penurunan gula darah beberapa jam setelah makan dibandingkan dengan duduk setelah makan. 

"Berjalan memicu tubuh untuk membakar kalori daripada menahannya," kata Shaham S. Mumtaz, MD, ahli gastroenterologi di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital.

"Ini merangsang perut dan usus untuk memproses makanan yang Anda makan lebih cepat, yang berarti gula diserap pada tingkat yang stabil."

Seiring waktu, jika Anda mempertahankan kebiasaan itu, ini dapat berkontribusi pada pencegahan diabetes dan kontrol gula darah jangka panjang bagi orang yang sudah menderita diabetes.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anda akan Mencerna Makanan Anda Lebih Cepat

 

"Berjalan setelah makan meningkatkan metabolisme Anda," kata Dr. Mumtaz.

"Ini merangsang perut dan usus Anda untuk memecah makanan lebih cepat dan memindahkannya melalui usus Anda secara efisien."

Pencernaan yang lebih cepat memiliki banyak hasil. Menurut Harvard Health Publishing, semakin cepat metabolisme Anda, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar. "Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa orang melihat penurunan berat badan yang lebih efektif atau penambahan berat badan yang lebih sedikit dengan berjalan setelah makan," kata Dr. Mumtaz.

Itu belum semua. Sebuah studi 2017 di Digestion‌ menunjukkan pencernaan yang lebih lancar dikaitkan dengan peningkatan refluks asam dan mulas pada orang yang ditugaskan sebagai wanita saat lahir.

Selain itu, berjalan setelah makan bisa memberi Anda energi. "Bila Anda tidak aktif dan usus tidak bergerak dengan cepat, itu bisa membuat Anda lesu," kata Dr. Mumtaz.

 

3 dari 4 halaman

3. Mencegah Kembung dan Begah

Jika Anda memiliki masalah perut, tamasya postprandial bisa menjadi apa yang diresepkan dokter. Dalam sebuah studi kecil tahun 2021 di Gastroenterology and Hepatology from Bed to Bench, berjalan selama 10 hingga 15 menit setelah makan mengurangi gangguan saluran cerna, termasuk sendawa, begah, kembung, dan kram.

Inilah alasannya: Selama pencernaan, mikroorganisme di usus Anda memecah makanan Anda, menghasilkan gas sebagai produk sampingan alami. Gas ini akhirnya keluar dari tubuh dalam bentuk sendawa atau kentut.

Dengan berjalan-jalan setelah makan, Anda akan mencerna makanan lebih cepat, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengasinkan bakteri. "Membatasi interaksi dengan bakteri di usus dapat membantu mengurangi jumlah penumpukan gas," kata Dr. Mumtaz. Ini juga mengurangi paparan cairan pencernaan seperti asam lambung. Tingkat gas dan asam yang lebih rendah sama dengan pengurangan perut kembung dan sendawa.

"Juga, dengan merangsang usus untuk bergerak lebih cepat, ada lebih sedikit cadangan [tinja] di dalam saluran pencernaan," kata Dr. Mumtaz. "Ini harus mencegah peregangan usus, yang bisa menyebabkan kembung juga."

 

4 dari 4 halaman

Kapan Harus Bergerak?

Lebih cepat lebih baik. "Segera setelah makan adalah waktu terbaik, tetapi hingga 60 menit setelah selesai makan adalah wajar," kata Dr. Mumtaz. Sebuah studi kecil Juni 2016 di Diabetology International‌ membuat orang berjalan satu jam setelah makan dan menunjukkan peningkatan gula darah tanpa efek samping.

Meski demikian, Anda tidak perlu berjalan terlalu lama. "Setelah beberapa jam, makanan telah sampai ke usus kecil," kata Dr. Mumtaz. Pada titik ini, aktivitas fisik dapat mengalihkan aliran darah dari usus yang bekerja untuk mencerna dan menyerap makanan. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut, kram, atau mual.

Berapa lama untuk berjalan?

Tidak perlu lama untuk menuai hasil dari berjalan kaki! "Biasanya berjalan sekitar 15 sampai 20 menit sudah lebih dari cukup," kata Dr. Mumtaz.

"Ini bisa menyebar dalam interval pendek juga." Dalam ulasan Sports Medicine‌, orang yang berjalan kaki hanya 2 hingga 5 menit memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Seberapa cepat sebaiknya kita berjalan?

Untuk hasil maksimal, tingkatkan kecepatan Anda sedikit lebih banyak dari biasanya. Studi Diabetology International‌ menemukan bahwa berjalan 10 persen lebih cepat daripada gaya berjalan alami Anda memiliki efek yang lebih besar dalam mengurangi gula darah.

Tapi bukan berarti cara jalannya seperti orang yang sedang berolahraga berat. "Tidak perlu banyak aktivitas untuk merangsang usus dan perut untuk bergerak," kata Dr. Mumtaz. "Berlebihan dapat mengalihkan aliran darah dari usus dan menyebabkan pencernaan makanan yang buruk, menyebabkan sakit perut atau mulas."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.