Sukses

Jisoo Blackpink Memiliki Benjolan di Leher, Agensi Buka Suara

YG Entertainment, agensinya Jisoo Blackpink telah mengeluarkan pernyataan yang membahas kekhawatiran tentang kesehatan anggota BLACKPINK Jisoo.

Liputan6.com, Jakarta Awal pekan ini, penggemar Blackpink ramai-ramai mengkhawatirkan kondisi anggotanya, Jisoo Blackpink. Netizen menyadari, ada benjolan di sisi lehernya dalam sebuah foto baru-baru ini. 

“Benjolan itu sepertinya terus membesar. Saya pikir ia perlu pergi ke rumah sakit dan mendapatkan biopsi. Bisa jadi fibroid ringan, tapi bisa juga tumor,” posting seorang netizen di media sosial bersama dengan foto tersebut pada 3 November.

Menurut laporan tersebut, ini bukan pertama kalinya penggemar melihat adanya benjolan di leher Jisoo. Dia memiliki benjolan yang sama persis di acara TV dan konser sebelumnya.

Agensinya,YG Entertainment pun akhirnya mengeluarkan pernyataan yang membahas kekhawatiran penggemar tentang kesehatan anggota Blackpink Jisoo.

“Jisoo saat ini sedang menjalani jadwal tur dunia BLACKPINK tanpa masalah, dan tidak ada yang salah dengan kesehatannya,” bunyi pernyataan agensi, dilansir dari New Musical Express.

Blackpink memang saat ini sedang melakukan tur dunia 'Born Pink' di Amerika Utara. Grup ini tampil di Atlanta State Farm Arena (3 November) dan akan mengakhiri tur Amerika Utara mereka dengan penampilan di Stadion Banc Of California di Los Angeles pada 20 November.

Dari sana, grup tersebut akan tampil di enam kota Eropa selama sisa tahun ini, sebelum tur Asia dan Australia pada 2023.

Terlepas dari tur dunia mereka yang sedang berlangsung, Blackpink juga akan menjadi pembuka festival musik British Summer Time yang berlangsung pada 2 Juli 2023 di Hyde Park London. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab benjolan di Leher

Dikutip verywellhealth, ada berbagai penyebab benjolan di leher. Paling sering, benjolan di leher disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening--sekelompok kecil sel yang membantu sistem kekebalan melawan penyakit, seperti virus. 

Bila ini terjadi, kelenjar getah bening bisa membengkak. Benjolan atau nodul di leher juga bisa disebabkan oleh kista, lipoma, bisul, atau gondok.

Kelenjar getah bening bisa ditemukan di leher, wajah, ketiak, dada, perut, dan selangkangan.

Cairan yang disebut getah bening mengandung sel darah putih ( limfosit ) yang melawan infeksi, mengalir melalui sistem limfatik. Getah bening juga membawa bakteri, virus, dan kuman lain dari jaringan Anda, yang semuanya disaring melalui kelenjar getah bening Anda.

Jika Anda memiliki infeksi aktif, kelenjar getah bening bisa menjadi lebih besar saat mereka bekerja untuk membantu membersihkan tubuh Anda dari penyakit. Ketika Anda menjadi lebih baik, mereka akan kembali ke ukuran normal mereka.

Namun, ada beberapa penyakit yang bisa menjadi pemicunya, seperti: 

- Infeksi gigi

- Common cold

- Flu

- Tonsilitis

- Radang tenggorokan

- Mononukleosis (juga disebut "mono")

- Sitomegalovirus (sejenis virus herpes)

- HIV

Lebih jarang, pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh kanker, terutama limfoma non -Hodgkin. Kanker juga dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan menyebabkannya menjadi besar dan keras. Kelenjar getah bening juga mungkin tidak bergerak dengan baik (yang oleh penyedia layanan disebut "tetap" atau "non-seluler").

Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti rheumatoid arthritis.

3 dari 4 halaman

Memeriksa Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Jika kelenjar getah bening Anda bengkak, Anda sering dapat merasakannya dengan menekan ringan dan melingkari ketiga jari tengah Anda di tempat-tempat ini:

- Di belakang telinga dan di bawah rahang

- Di kedua sisi belakang leher Anda

- Dari tengah ketiak ke samping payudara

- Sepanjang lipatan di mana paha bertemu dengan panggul 

Hanya penyedia layanan kesehatan yang dapat menentukan apakah benjolan di leher Anda adalah pembengkakan kelenjar getah bening atau yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Uji Laboratorium

Jika benjolan tidak jelas penyebabnya, biasanya dokter akan meminta Anda untuk menjalani tes pencitraan seperti USG, X-ray, computed tomography (CT) scan, atau magnetic resonance imaging (MRI). Hal ini dapat membantu dokter melihat apakah benjolan itu padat atau berisi cairan.

Tes pencitraan juga dapat mengukur seberapa besar benjolan tersebut dan terkadang menunjukkan apakah benjolan tersebut mempengaruhi organ dan jaringan lain di sekitarnya. 

Jika benjolan tidak disebabkan oleh infeksi atau berisi cairan, dokter juga mungkin akan melakukan biopsi. Terkadang benjolan berisi cairan juga akan dibiopsi karena bisa juga bersifat kanker (misalnya, jika itu adalah kanker tiroid kistik ).

Untuk biopsi, sejumlah kecil jaringan diambil dari benjolan. Sampel jaringan biasanya dapat diambil menggunakan jarum, tetapi beberapa harus diambil melalui pembedahan. Dokter Anda akan memberi tahu Anda jika dan kapan Anda perlu menjalani biopsi dan cara terbaik untuk mengambil jaringan.

Sampel kemudian dianalisis di laboratorium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.