Sukses

Momen Pangeran William dan Kate Middleton Siaran di Radio Bahas Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta Hari Kesehatan Mental Sedunia baru saja dirayakan 10 Oktober kemarin. Ternyata, dalam momentum itu tahun ini, Pangeran William dan Kate Middleton memberikan kejutan dengan tampil sebagai penyiar radio.

Pangeran William dan Kate Middleton mengisi suara dalam BBC Radio 1 dalam salah satu episode program Newsbeat khusus dalam rangka Hari Kesehatan Mental Sedunia. Keduanya hadir dan berbincang soal kesehatan mental

"Halo Newsbeat," sapa Kate Middleton dalam siaran tersebut mengutip laman People, Selasa (11/10/2022).

"Hai, Newsbeat," sambung Pangeran William.

"Ya, Newsbeat akan terdengar sedikit berbeda," kata Kate Middleton bergurau sambil mengambil alih mic dari Pangeran William.

"Sebagai bagian dari Hari Kesehatan Mental Sedunia, Catherine dan saya telah merekam program khusus, mengambil alih radio untuk berbicara tentang pentingnya kesehatan mental," kata Pangeran William.

Setelahnya, cucu dari Ratu Elizabeth II tersebut mengungkapkan soal pentingnya kesehatan mental yang kerap kali tidak disadari oleh siapapun.

"Banyak orang tidak menyadari apa yang mereka butuhkan sampai hal itu benar-benar datang. Anda dapat menjalani satu kehidupan dalam satu menit, dan sesuatu berubah secara besar-besaran, dan Anda tidak memiliki alat atau pengalaman yang bisa digunakan untuk mengatasinya," kata Pangeran William.

Sebelumnya, keterangan dalam media sosial milik BBC Radio 1 memberikan sinyal para pendengarnya lewat sebuah keterangan bertuliskan "program yang sangat istimewa dengan dua reporter yang sangat istimewa".

2 dari 4 halaman

Lempar Pertanyaan pada Pendengar

Lebih lanjut dalam rekaman tersebut, Kate Middleton melempar pertanyaan terbuka pada para pendengar radio. Cara tersebut dianggap cara yang menyenangkan untuk memulai percakapan.

"Saya ingin tahu, dan mungkin pendengar juga akan tertarik, bagaimana Anda sebagai seorang individu menjaga kesehatan mental Anda?" tanya Kate Middleton.

Seorang tamu yang hadir memberikan jawab atas pertanyaan Kate Middleton dengan menyebutkan bahwa penting untuk sadar soal kondisi kesehatan mental mereka.

"Tidak setiap hari akan ada mawar dan bunga matahari. Saya tahu suatu hari saya harus mendorong awan untuk melihat matahari itu lagi," kata pria yang mendapatkan kesempatan emas menjawab pertanyaan Kate Middleton.

"Kamu tidak bisa selalu lari darinya, terkadang kamu harus benar-benar menghadapi dan menaklukkannya. Dengan latihan, ada kemajuan."

Seolah setuju dengan jawaban yang diberikan. Kate Middleton kembali merespons untuk jawaban tersebut. Menurutnya, tidak ada hal yang benar atau salah dalam hal menjaga kesehatan mental.

"Tidak ada yang benar atau salah, itu juga masalahnya. Hal yang berbeda akan bekerja untuk orang dengan berbeda-beda," ujar Kate Middleton. 

 

3 dari 4 halaman

Bukan Hanya Sekali Soroti Kesehatan Mental

Seraya menjadi penyiar, kehadiran Pangeran William dan Kate Middleton dianggap dapat menggali tantangan dan peluang yang unik bagi anak muda untuk merawat kesehatan mental mereka.

Namun, momentum tersebut bukanlah kali pertama Pangeran William dan Kate Middleton memberikan dedikasi untuk kesehatan mental. Sebelumnya, mereka pernah meluncurkan Heads Together pada 2016.

Upaya tersebut dilakukan untuk menghancurkan stigma seputar percakapan dan bantuan kesehatan mental. Heads Together juga bekerja sama dengan Football Association untuk meluncurkan kampanye Heads Up pada 2019. Dalam acara tersebut, mereka membahas kesehatan mental.

Tak berhenti di sana, Pangeran William dan Kate Middleton pun ikut menyebarkan pesan selama pandemi COVID-19 yang berkaitan dengan kesehatan mental selama Mental Health Awareness Week.

4 dari 4 halaman

Hadir Bersama untuk Berikan Ucapan Terima Kasih

Sebelumnya, Pangeran William dan Kate Middleton terlihat hadir bersama untuk menemui para sukarelawan dan staf operasional yang membantu pemakaman Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor.

"Terima kasih kepada semua orang yang telah bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa semua orang yang mengunjungi Windsor selama dua minggu terakhir memiliki pengalaman yang aman dan positif," tulis keterangan dalam akun Instagram Keluarga Kerajaan Inggris @theroyalfamily.

"Senang bertemu dengan sedikit staf dan sukarelawan hari ini. Kami sangat berterima kasih atas semua upaya Anda."

Dalam video singkat, Pangeran William dan Kate Middleton terlihat turun dari sebuah mobil dan langsung menjabat tangan petugas yang menyambut mereka. Keduanya masuk ke dalam sebuah ruangan dan bertemu para sukarelawan serta staf operasional.

Pangeran William dan Kate Middleton juga memberikan respons baik terhadap banyaknya orang yang berkumpul untuk memberikan penghormatan pada Ratu Elizabeth II usai kematiannya pada 8 September lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.