Sukses

Beda Gaya Parenting Menantu Raja Charles III, Cara Pengasuhan Kate Middleton Mirip Putri Diana

Liputan6.com, Jakarta Menantu sekaligus istri dari dua anak Raja Charles III, Kate Middleton dan Meghan Markle sama-sama sudah menjadi ibu. Istri Pangeran William yakni Kate Middleton kini menjadi ibu dari tiga orang anak, sedangkan Meghan Markle yang merupakan istri Pangeran Harry merupakan ibu dari dua anak.

Sama-sama jadi mantu keluarga kerajaan, keduanya memiliki gaya asuh atau parenting style yang berbeda. Banyak pakar parenting pun ikut membandingkan gaya asuh Kate Middleton dengan Meghan Markle.

Mengutip laman Express pada Kamis (29/9/2022), Kate Middleton digambarkan sebagai seorang ibu yang senantiasa membimbing dan memberikan pendampingan pada Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Di sisi lain, Kate Middleton dikenal membiarkan anak-anaknya mandiri sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Dalam banyak kesempatan, Kate Middleton juga nampak sebagai ibu yang punya ikatan begitu hangat dengan ketiga anaknya.

Kate Middleton telah lama dikenal dengan pola asuh sejajar dari mata dan perilaku. Ia dan suaminya, Pangeran William kerap menunjukkan bahwa Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis adalah fokus utama mereka.

Sedangkan istri Pangeran Harry, Meghan Markle digambarkan sebagai ibu yang proaktif untuk menghilangkan hambatan untuk putranya Archie Mountbatten-Windsor dan putrinya Lilibet Mountbatten-Windsor.

"Saya pikir dia (Meghan Markle) akan proaktif dalam menyampaikan nilai-nilai dan keyakinannya pada putra dan putrinya dengan gaya asuh yang berwibawa dan menjunjung pola hidup sehat dan olahraga," ujar pakar parenting, Sue Atkins.

"Meghan Markle juga terlihat menjunjung pentingnya membicarakan masalah dan perasaan untuk menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan," tambahnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Meghan Markle Lebih Ketat Jaga Privasi Anak

Dalam hal menjaga privasi, Meghan Markle terkenal lebih ketat untuk hal tersebut pada anak-anaknya. Terbukti saat dirinya dan Pangeran Harry membeli rumah seharga 11,2 juta poundsterling untuk pengawalan yang ketat.

Pangeran Harry dan Meghan Markle sama-sama terlihat punya tekad kuat untuk membesarkan Archie dan Lilibet dengan privasi maksimal dan diketahui sangat minim oleh orang lain.

Mengutip laman Hello Magazine, Pangeran Harry dan Meghan Markle terlihat ingin memberikan anak-anak mereka pendidikan yang senormal mungkin. Tidak ada yang begitu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan identitas diir anak-anak mereka.

Pasangan itu juga memilih untuk melepaskan gelar kerajaan untuk Archie dan Lilibet, sesuai dengan keinginan mereka untuk tumbuh sebagai warga negara.

Berbeda dengan Pangeran William dan Kate Middleton yang secara rutin membagikan kabar anak-anak mereka kepada publik lewat media sosial. Bahkan, tempat di mana anak-anak mereka bersekolah juga diketahui oleh masyarakat.

Foto-foto Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis yang lucu pun banyak tersebar di media sosial. Mereka tak segan untuk membagikan itu dan menjadikan foto-foto anak mereka sebagai konsumsi untuk publik.

3 dari 4 halaman

Mendisiplinkan Anak ala Kate Middleton dan Meghan Markle

Tak berhenti di sana, dalam hal mendisiplinkan anak-anak, Kate Middleton dan Pangeran William juga terlihat punya cara tersendiri. Sebuah sumber mengungkapkan tentang bagaimana biasanya pasangan tersebut ngobrol bersama anak-anaknya.

Ketika Pangeran George dan Putri Charlotte berperilaku buruk, Kate Middleton dan Pangeran William ternyata bukan tipe orangtua yang memarahi mereka secara langsung. Sebaliknya, mereka justru akan mengajak anak-anaknya ngobrol di sofa.

"Tidak ada 'langkah nakal' tetapi ada 'sofa obrolan'. Saat anak nakal, mereka dibawa pergi dari keramaian atau gangguan dan akan diajak bicara dengan tenang oleh Kate Middleton atau Pangeran William," ujar salah satu sumber.

Bahkan berdasarkan sumber tersebut, Kate Middleton dan Pangeran William tidak pernah kedapatan membentak atau meneriaki anak-anak mereka. Biasanya, keduanya memilih untuk menjelaskan berbagai hal pada ketiga anaknya.

Sementara itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle menjunjung tipe disiplin dengan sopan santun yang jadi keharusan. Mereka berdua berupaya untuk menerapkan tata krama di rumah dan mengajarkan Archie dan Liliber bahwa sopan santun itu penting.

4 dari 4 halaman

Pola Asuh Kate Middleton Dianggap Mirip Putri Diana

Dari banyaknya kesempatan, banyak pula yang berpendapat bahwa pola asuh Kate Middleton mirip dengan ibu Pangeran William, Putri Diana. Kate Middleton dan Putri Diana dianggap mirip terutama dalam hal menjaga ketenangan.

"Saya pikir apa yang (Kate) mungkin pelajari dalam arti tertentu adalah bagaimana membuatnya tetap tenang. Misalnya, Putri Diana, ada begitu banyak tekanan dan tekanan sepanjang waktu. Saya pikir kita telah melihat bagaimana Kate mengikuti jalan yang sama untuk membuatnya tetap tenang," ujar pakar etiket kerajaan, Myka Meier.

Banyak kesempatan yang menunjukkan anak-anak Kate Middleton nampak rewel. Namun dirinya bersikap tetap tenang bahkan seringkali membungkuk untuk memberitahu ketiga anaknya tersebut.

Di sisi lain, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah lama terlihat memiliki keyakinan terkait feminisme. Keyakinan Meghan pada feminisme adalah salah satu karakteristik yang mendefinisikan dirinya dan dia juga mendorong Pangeran Harry untuk secara terbuka mengekspresikan pandangan feminis.

Nantinya, kita bisa sepenuhnya kemungkinan dapat melihat anak-anak dari pasangan itu dibesarkan sebagai feminis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.