Sukses

5 Kesalahan Makan yang Menghambat Penurunan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, jangka panjang, dan berkelanjutan terkadang bisa membuat prosesnya jadi begitu sulit. Apalagi tiap individu memiliki kebutuhan asupan yang berbeda-beda.

Terlepas dari keinginan Anda untuk menurunkan berat badan, tak pernah ada solusi ajaib untuk mendapatkan hasil secara instan. Seringkali diet mengharuskan Anda untuk mengenal diri dan tubuh sendiri.

Bahkan ketika Anda telah membuat banyak perubahan pun, masih terdapat beberapa kesalahan dalam hal makanan yang dapat menghambat proses penurunan berat badan. Lalu, apa sajakah itu? Berikut diantaranya.

1. Terlalu Banyak Makan Makanan Sehat

Sangat penting untuk makan makanan yang tidak hanya Anda sukai, tetapi juga padat nutrisi. Namun, beberapa ahli diet kami merekomendasikan untuk mengukur porsi Anda agar tidak berlebihan pada kalori.

"Makanan seperti kacang-kacangan, selai kacang, hummus, dan alpukat, semuanya kaya nutrisi. Itu makanan yang luar biasa untuk Anda, semuanya mengandung lemak sehat dan mengandung lebih banyak kalori daripada karbohidrat atau protein lainnya," ujar penulis dari The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson mengutip Eat This Not That, Minggu (18/9/2022).

"Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir, 'makanan ini baik untuk saya jadi tidak masalah berapa banyak yang saya makan', tapi ini tidak benar. Ukuran porsi adalah kunci ketika mencoba menurunkan berat badan, jadi hitunglah porsi makanan Anda sebagai kunci kesuksesan diet," tambahnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Makan Cukup Protein

Makan cukup protein sepanjang hari diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mengelola penurunan berat badan Anda saat ini.

"Protein sangat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu meluruhkan lemak dan membangun otot, tapi sayangnya, banyak orang makan makanan yang kekurangan protein," kata penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD.

Menurut Courtney, kesalahan yang umumnya terjadi adalah seseorang tidak makan cukup protein karena mereka merasa itu akan membuat mereka terlalu besar, yang mana sebenarnya tidaklah benar.

Beberapa orang juga tidak yakin bagaimana cara mendapatkan cukup protein setiap kali makan. Courtney mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung protein tinggi dapat dijumpai dengan mudah.

"Rekomendasi saya belilah sumber protein seperti dada ayam, sosis ayam, atau ikan. Kemungkinan besar, setelah makan sumber protein, Anda akan kurang rentan untuk makan camilan tidak sehat atau lauk pauk yang penuh dengan kalori tinggi, gula, biji-bijian olahan, dan sebagainya," kata Courtney.

3 dari 4 halaman

3. Masak dengan Minyak Terlalu Banyak

Berapa banyak Anda menggunakan minyak saat memasak dapat memberikan dampak pada proses penurunan berat badan Anda. Hal tersebut lantaran minyak mengandung banyak kalori.

"Minyak adalah salah satu bahan yang membuat kepadatan kalori makanan meningkat secara signifikan dan cepat," kata ahli diet di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

Anda dapat mengurangi asupan minyak dan asupan kalori dengan mengukur seberapa banyak yang ingin Anda menggunakan minyak. Memasak tanpa minyak juga bisa dijadikan pilihan yang bijak.

4. Salah Mengatur Asupan Makanan

Amy mengungkapkan bahwa kesalahan selanjutnya adalah terkadang orang makan terlalu sedikit. Sehingga menebus kekurangan kalorinya dengan makanan yang mereka inginkan seperti sepotong kue atau keripik.

"Kuncinya adalah makanlah apa yang Anda inginkan, tapi tidak semuanya. Anggap saja aturannya 80/20 dan fokus lebih banyak pada makanan yang baik," kata Amy.

4 dari 4 halaman

5. Menambahkan Bumbu yang Tak Sehat

Courtney mengungkapkan, beberapa orang suka untuk menambahkan bumbu-bumbu favorit dalam makanannya untuk menambah cita rasa. Namun, rutin menambahkan bumbu dapat ikut memberikan dampak pada penurunan berat badan.

"Misalnya, menambahkan sirup ke pancake Anda di pagi hari mungkin terasa enak pada saat itu. Tetapi gula tambahan itu akan mengatur sehingga tubuh akan mendambakan lebih banyak gula pada sisa hari Anda," ujar Courtney.

"Contoh lain termasuk menambahkan saus barbeque atau saus tomat untuk makan siang atau makan malam, menuangkan saus 'rendah lemak' ke dalam salad Anda, menambahkan mayones ke sandwich, atau saus teriyaki ke ayam," tambahnya.

Hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan bumbu. Namun temukanlah alternatif yang lebih sehat untuk menambah rasa pada makanan Anda. Bisa dengan menggunakan buah atau pilihan bumbu lainnya yang lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.