Sukses

Profil Irene Odelia Astono, Paskibraka Pembawa Baki Kirab Bendera Pusaka 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kirab Bendera Pusaka kembali dilaksanakan seiring dengan diizinkannya upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara pada 17 Agustus 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kirab Bendera Pusaka kali ini pun melibatkan mantan Paskibraka Nasional tahun lalu. Pada pelaksanaan upacara pengibaran pagi hari ini, yang bertugas adalah Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri.

Qyara Maharani Putri adalah Paskibraka Nasional 2021 wakil Jawa Barat yang dipercaya sebagai Pembawa Baki saat upacara penurunan Sang Merah Putih.

Sedangkan Irene Odelia Astono merupakan wakil Kalimantan Barat yang pada tahun lalu berada di posisi Baki Cadangan pada Upacara Pengibaran Sang Saka.

Pada Kirab Bendera Pusaka tahun ini, giliran Irene Odelia Astono yang dipercaya sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana Negara.

Sementara Qyara, dipercaya sebagai pembawa teks proklamasi. Irene dan Qyara akan diangkut menggunakan kereta kencana.

Hal ini disampaikan Irene Odelia Astono kepada Diary Paskibraka Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa malam, 16 Agustus 2022.

"Irene bawa bendera, Kak. Qyara Proklamasi," katanya.

Irene mengaku tak menyangka bakal kembali bertugas. Sebab, yang Irene tahu selama ini, yang akan bertugas kembali di Kirab Bendera Pusaka hanya dua orang Pembawa Baki saja.

Dia, mengatakan, pemberitahuan ini diumumkan sebelum seluruh Paskibraka Nasional 2022 menjalani Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di Cibubur.

Diklat Paskibraka Nasional 2022 dilaksanakan 10 hari lebih cepat. Bila biasanya di tanggal 25 Juli, tahun ini seluruh peserta Diklat sudah masuk asrama pada 15 Juli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Didapuk Sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Selain dipanggil kembali untuk bertugas sebagai petugas Kirab 2022, hal lain yang bikin Irene kaget adalah saat dirinya didapuk untuk membawa bendera merah putih.

"Rasanya deg-degan banget, Kak. Dan juga katanya itu baki beratnya lima kilogram, Kak," kata Irene.

Oleh sebab itu, sebelum berangkat ke Jakarta pada 13 Agustus 2022, Irene menyiapkan fisiknya dengan latihan dan olahraga rutin.

"Aku latihan terus angkat beban pakai kardus isi air botol gitu, Kak," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Profil Irene Odelia Astono

 

Nama Lengkap : Irene Odelia Astono

Nama panggilan : Irene / Odel

TTL : Singkawang, 29 Januari 2006

Umur : 16 tahun

Hobi : Dance, Nyanyi, dan Melukis

Asal Sekolah : SMA Santo Ignasius Singkawang

Agama : Kristen Protestan

Nama Orang Tua :

Ayah : Askim Astono, S. E, M. A

Ibu : Lili Angriyani, S. E

 

 

4 dari 4 halaman

Profil Qyara Maharani Putri

Tahun lalu, gadis kelahiran 18 Desember 2004 dipercaya sebagai Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Meski mewakili Jawa Barat, Qyara Maharani Putri adalah kelahiran DKI Jakarta.

Pembawa Baki Qyara Maharani Putri merupakan anak pasangan Syofyano dan Rosanty yang memiliki hobi berenang dan bercita-cita menjadi seorang pramugari.

Saat ini, Qyara tercatat sebagai siswi SMA Negeri 1 Garut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS