Sukses

Jusuf Kalla Sebut Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Pribadi yang Baik

Jusuf Kalla (JK) menyebut Tjahjo Kumolo adalah sosok pribadi yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Di mata Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo adalah sosok pribadi yang baik. Tjahjo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Hal di atas sempat dilontarkan JK, sapaan akrabnya, tatkala mendengar kabar Tjahjo Kumolo menjalani perawatan intensif di rumah sakit beberapa hari lalu.

"Bapak Tjahjo Kumolo ini pribadi yang sangat baik, termasuk dalam pemerintahan," ujar JK di rumah pribadinya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ditulis Jumat (1/7/2022).

Ketika Tjahjo Kumolo menjalani perawatan intensif di rumah sakit, JK turut mendoakan kesembuhannya. Kabar Tjahjo dirawat di rumah sakit juga dibenarkan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Rini Widyantini.

"Saya sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyampaikan doa, semoga Bapak Tjahjo Kumolo yang sementara dirawat segera sembuh dan dapat kembali seperti biasa," lanjutnya melalui pernyataan yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 27 Juni 2022.

"Insya Allah, kita semua mengharapkan seperti itu. Mari kita mendoakan agar beliau segera pulih dan bisa menjalankan tugasnya di pemerintahan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengabdikan Diri kepada Negara

Jusuf Kalla juga menyampaikan duka cita atas wafatnya Tjahjo Kumolo. Bagi JK, sosok Tjahjo Kumolo bekerja dengan baik dalam mengabdikan diri kepada negara.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un. Dengan hati berduka, kami menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya ke Rahmatullah SWT, Bapak Tjahjo Kumolo," ucap Jusuf Kalla di rumah pribadinya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat, 1 Juli 2022.

"Bapak Tjahjo Kumolo selama ini telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik."

JK turut mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan Tjahjo Kumolo yang termasuk politisi PDI Perjuangan tersebut.

"Mudah-mudahan, amal ibadahnya diterima dengan baik oleh Allah SWT. Marilah kita semua mendoakan Almarhum," ajaknya.

3 dari 4 halaman

Dimakamkan di TMP Kalibata

Dikabarkan, jenazah Tjahjo Kumolo kelak akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Informasi ini turut dikonfirmasi oleh jajaran Kementerian PAN-RB, Jumat (1/7/2022).

Menurut informasi yang beredar, Tjahjo Kumolo disemayamkan di Rumah Dinas Menteri PANRB yang betempat di komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke bekas kantornya untuk disholatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan. Usai proses salat jenazah, jenazah Tjahjo akan dibawa ke rumah terakhirnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih rinci kapan proses itu akan dilakukan. Apabila ada perubahan, pihak Kementerian PAN-RB akan menginformasikannya lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Mobil Jenazah Tiba di Rumah Duka

Mobil jenazah Tjahjo Kumolo tiba di rumah duka, Kompleks Widya Chandra Jakarta Selatan. Pantauan di lokasi, Jumat, 1 Juli 2022 pukul 13.30 WIB, mobil jenazah tiba dengan pengawalan dan iring-iringan yang ketat.

Tampak sejumah tokoh nasional sudah hadir melayat di rumah duka, mulai dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala Staf Presiden Moeldoko hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Tjahjo Kumolo meninggal pada pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7/2022).

Putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari mengatakan, ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng di RS Abdi Waluyo, Minggu (26/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.