Sukses

Pesan Menyentuh Atalia Ridwan Kamil Usai Pemakaman Eril

Beberapa waktu selepas prosesi penguburan jenazah Eril, Atalia Praratya mengunggah pesan menyentuh di akun Instagramnya

Liputan6.com, Jakarta - Eril anak Ridwan Kamil telah berada di peristirahan terakhir. Proses pemakaman Eril dilakukan Senin, 13 Juni 2022 siang tadi. Tak hanya mendampingi hingga lokasi pemakaman, Ridwan Kamil pun memasukkan tanah pertama ke liang lahad putra tercintanya.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat itu dimakamkan di Cimaung, kampung halaman sang ibu, Atalia Praratya.

Ribuan warga Jawa Barat serta peziarah dari daerah lain mengiringi perjalanan pemilik nama lengkap Emmeril Kahn Mumtadz menuju rumah akhir yang telah sediakan oleh sang ayah. Lantunan doa dan salawat dari warga yang berdiri di sebagian tepi jalan rute menuju pemakaman pun berkumandang.

Jenazah Eril pun disambut hangat masyarakat sekitar lokasi pemakaman. Berbondong-bondong mereka ingin ikut serta mengantar kepergian pemuda itu ke peristirahatan terakhir. Sebelum proses pemakaman dimulai, qori dan hafiz Al Quran Muzammil Hasballah melantunkan azan yang merdu dan indah.

Sekitar pukul 11.38 WIB, peti jenazah Eril telah tertutup rapat dan menyatu dengan tanah. Kayu nisan berukirkan nama lengkap Eril pun telah tegak berdiri di ujung pusara. Prosesi pemakaman berlanjut dengan tabur bunga oleh ayah, ibu, adik serta keluarga dan kerabat almarhum. Doa yang dipimpin Prof Dr KH Badruzzaman M Yunus, M.Ag menutup proses pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz.

Beberapa waktu selepas prosesi penguburan jenazah Eril, Atalia Praratya mengunggah pesan menyentuh di akun Instagramnya, @ataliapr.

"Melepasmu dengan keikhlasan adalah bentuk cinta tertinggi kami padamu, A Eril.." tulisnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

"Ijinkan kami memelukmu lagi nanti bila waktunya tiba..."

 

Ibu tiga anak itu pun tak lupa mendoakan putra sulungnya.

"Semoga Aa tenang di surga dalam balutan kasih sayang Allah SWT. Surga yang digambarkan begitu indah yang mengalir di bawahnya sungai sungai..."

Kasih sayang Atalia pada Eril juga tersirat dalam baris-baris pesan berikutnya.

"Ijinkan kami memelukmu lagi nanti bila waktunya tiba...

Tunggu ya sayang..Insya Allah kita akan bersama lagi.."

Selain Atalia, Ridwan Kamil pun ikut mengunggah pesan menyentuh usai pemakaman Eril.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu meminta izin putranya untuk melanjutkan hidup dengan semangat Eril di setiap langkah.

"Dear Eril, selamat beristirahat dengan tenang sekarang. Doa-doa kami akan selalu menerangi alam kuburmu."

"Mulai esok Ijinkan papap, mamah, zara dan arka melanjutkan kehidupan fana ini dengan semangatmu di setiap langkah kami," lanjutnya.

Terakhir, Ridwan Kamil berterima kasih atas kenangan dari sang putra.

"Hatur nuhun atas segala memori dan pelajaran itu."

 

3 dari 4 halaman

Meminta Izin Beradaptasi dengan Situasi Duka

Usai pemakaman, Ridwan Kamil masih menyediakan waktu untuk menemui awak media. Di Cimaung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022), Ridwan Kamil menyampaikan sejumlah hal.

“Mohon maaf kalau selama 14 hari ada hal-hal yang kurang berkenan. Ada hal-hal yang tidak nyaman, semata-mata kami berusaha berikhtiar sebaik-baiknya,” kata suami Atalia Praratya.

“Semoga 14 hari ini mudah-mudahan menjadi pembelajaran bagi kita semua bahwa ternyata jutaan doa itu datang dari amal ibadah dan kebaikan yang kita tabur selama ini di dunia,” ia menambahkan.

Sang Gubernur Jawa Barat juga meyakini bahwa Eril akan berbahagia dan tenang di peristirahatan terakhirnya.

“Kami sebagai orangtua sudah sangat ikhlas, sudah sangat tenang. Mengucapkan syukur alhamdulillah dimakamkan di tempat yang baik, melalui proses yang baik, didoakan melalui cara yang baik,” kata dia lagi.

Dia pun mengucap terima kasih kepada media yang menghargai privasi keluarganya saat menghadapi duka ini. Ridwan Kamil juga meminta pengertian mengenai dirinya yang belum sanggup melakukan sesi tanya jawab dengan media.

“Nanti akan ada waktunya saya bisa bicara lebih baik, lebih panjang, lebih lebar. Tapi izinkan kami, kali ini untuk menyesuaikan diri, beradaptasi terhadap situasi duka yang sedang kami alami ini,” ia melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Bangun Masjid Al Mumtadz

Lokasi pemakaman tempat Eril dikebumikan merupakan tanah lapang olahan waris dari keluarga sang ibu, Atalia Praratya. Di sekitar lokasi itu rencananya akan dibangun area Islamic Center oleh Ridwan Kamil. Saat ini diketahui juga bahwa Ridwan Kamil tengah membangun sebuah masjid di area tersebut.

"Di kesempatan ini izinkan saya memohon doa restu, di kawasan ini kami sedang membangun masjid Islamic Center, sudah 2 tahun. Tidak diniatkan untuk siapa-siapa, semata-mata sebagai dakwah kami dan juga tempat ibadah untuk masyarakat," kata Ridwan Kamil usai pemakaman.

Dalam kesempatan itu pula, Ridwan Kamil mengumumkan secara resmi bahwa masjid yang tengah dibangun itu akan diberi nama Al Mumtadz. Nama tersebut diambil dari nama belakang sang putra.

"Dan dalam kesempatan yang istimewa ini, izinkan kami mengumumkan bahwa Masjid akan diberi nama sebagai Masjid Al Mumtadz, masjid yang paling baik artinya, mudah-mudahan menjadi sebuah tempat yang mulia yang kebetulan dinamai dari nama akhir anak kami, Emmeril Kahn Mumtadz," kata Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.