Sukses

Ikut Percobaan Obat, Pasien Kanker Rektum di New York Dinyatakan Sembuh

Pasien kanker rektum yang mengikuti percobaan obat dinyatakan sembuh

Liputan6.com, Jakarta Pasien kanker yang mengikuti penelitian percobaan obat di Manhattan, New York gembira lantaran percobaan tersebut membuat mereka sembuh.

Penelitian dilakukan pada 18 pasien kanker rektum di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di Manhattan dan memiliki tingkat keberhasilan 100 persen. Ini kemudian ditulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan Minggu 5 Juni di New England Journal of Medicine.

“Saya percaya ini adalah pertama kalinya terjadi dalam sejarah kanker,” kata penulis makalah Dr. Luis A. Diaz Jr mengutip New York Post, Minggu (12/6/2022).

Dalam penelitian tersebut, obat dostarlimab diberikan kepada setiap pasien setiap tiga minggu selama enam bulan.

Peserta dalam penelitian ini mengidap kanker rektum dan diberi alternatif seperti kemoterapi atau operasi sulit yang berpotensi menyebabkan disfungsi usus atau saluran kemih. Beberapa pasien diharuskan menggunakan kantong kolostomi untuk perawatan.

Pada akhir uji coba obat, pasien dinyatakan terhindar dari penderitaan pengobatan yang berpotensi merusak. Mereka tidak menunjukkan bukti tumor setelah menerima MRI, pemeriksaan dubur dan biopsi.

“Ada banyak air mata bahagia,” kata Dr. Andrea Cercek, ahli onkologi di Memorial Sloan Kettering Cancer Center dalam keterangan yang sama.

Selain tidak memerlukan perawatan lebih lanjut untuk memberantas penyakit, tidak ada kasus kanker rektum yang kambuh pada pasien selama janji tindak lanjut dari enam hingga 25 bulan setelah uji coba berakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Benar-Benar Sembuh?

Namun, meskipun hasilnya mengejutkan, Dr. Hanna K. Sanoff dari Pusat Kanker Komprehensif Lineberger University of North Carolina, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan tidak jelas apakah pasien tersebut benar-benar sembuh.

“Sangat sedikit yang diketahui tentang durasi waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah respons klinis lengkap terhadap dostarlimab sama dengan penyembuhan,” tulis Sanoff dalam editorial yang menyertai makalah tersebut.

Penelitian ini juga kecil dan hasilnya perlu direplikasi, kata Dr. Kimmie Ng, ahli kanker kolorektal dari Dana-Farber Cancer Institute, kepada publikasi tersebut.

Namun, itu adalah berita yang menjanjikan bagi pasien.

Salah satu peserta, Sascha Roth, mengatakan bahwa dia telah merencanakan untuk pindah ke Manhattan untuk kemoterapi dan perawatan radiasi sebelum penelitian dimulai.

Kemudian dokter memberinya kabar baik: Percobaan berhasil dan dia bebas kanker.

"Saya memberi tahu keluarga saya," kata Roth. "Mereka tidak percaya padaku."

Melansir Mayoclinic, kanker rektum atau rectal cancer adalah kanker yang dimulai di rektum. Rektum adalah beberapa inci terakhir dari usus besar. Ini dimulai di ujung segmen terakhir usus besar dan berakhir ketika mencapai bagian pendek dan sempit yang mengarah ke anus.

3 dari 4 halaman

Serupa dengan Kanker Kolorektal

Kanker rektum yang terjadi di dalam rektum memiliki kemiripan dengan kanker di dalam usus besar (kanker usus besar) yang sering disebut juga sebagai kanker kolorektal.

Walau kanker rektum dan kolorektal serupa dalam banyak hal, perawatannya sangat berbeda. Ini terutama karena rektum berada di ruang yang sempit, nyaris tidak terpisah dari organ dan struktur lain. Ruang yang sempit dapat membuat operasi pengangkatan kanker rektum menjadi kompleks.

Di masa lalu, kelangsungan hidup jangka panjang jarang terjadi pada orang dengan kanker rektum, bahkan setelah perawatan ekstensif. Berkat kemajuan pengobatan selama beberapa dekade terakhir, tingkat kelangsungan hidup pasien kanker rektum telah sangat meningkat.

Tanda dan gejala kanker rektum meliputi:

-Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti diare, sembelit atau lebih sering buang air besar.

-Tinja berwarna merah marun gelap atau bercampur dengan darah merah.

-Perasaan bahwa usus tidak kosong sepenuhnya.

-Sakit perut.

-Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

-Kelemahan atau kelelahan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Kanker Rektum

Kanker rektum dimulai ketika sel-sel sehat di rektum mengembangkan perubahan (mutasi) dalam DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Perubahan memberitahu sel-sel untuk tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel-sel sehat akan mati. Sel-sel yang terakumulasi dapat membentuk tumor.

Seiring waktu, sel-sel kanker dapat tumbuh untuk menyerang dan menghancurkan jaringan sehat di dekatnya. Dan sel-sel kanker dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh yang lain.

Untuk sebagian besar kanker rektum, tidak jelas apa yang menyebabkan mutasi yang memicu kanker terbentuk.

Di beberapa keluarga, mutasi gen yang diturunkan dari orangtua ke anak-anak meningkatkan risiko kanker rektum. Mutasi ini hanya terlibat dalam persentase kecil dari kanker ini. Beberapa gen yang terkait dengan kanker kolorektal juga meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Risiko kanker rektum juga tinggi jika terdapat polip adenomatosa familial (FAP). FAP adalah kelainan langka yang menyebabkan ribuan polip atau jaringan abnormal di lapisan usus besar dan rektum. Orang dengan FAP yang tidak diobati memiliki peningkatan risiko yang signifikan terkena kanker usus besar atau kanker rektum sebelum usia 40 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.