Sukses

Kumpulan Hoaks Dampak Negatif Minum Air Dingin, dari Serangan Jantung sampai Kanker

Liputan6.com, Jakarta- Meminum air dingin tentu dapat menyegarkan tenggorokan, namun informasi tentang dampak negatif setelah mengkonsumsinya beredar di tengah masyarakat.

Informasi dampak mengkonsumsi air dingin tentu mengkhawatirkan, namun kita perlu memastikan kebenaran informasi yang didapat agar tidak menjadi korban hoaks.

Kita pun bisa memastikan informasi yang didapat benar atau salah secara mandiri, dengan mengikuti tips seperti dalam halaman berikut ini.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran informasi seputar dampak negatif mengkonsumsi air dingin dari menyebabkan kanker hingga serangan jantung. Hasilnya sebagian informasi terbukti tersebut hoaks.

Berikut kumpulan hoaks dampak mengkonsumsi air dingin.

1. Minum Air Dingin Sebabkan Serangan Jantung dan Memicu Kanker

Klaim tentang meminum air dingin dapat menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa meminum air dingin tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker.

"*MINUM AIR HANGAT BISA SELAMATKAN NYAWA*

Sekelompok Dokter Jepang menegaskan bahwa *air hangat* adalah 100% efektif dalam menyelesaikan beberapa masalah kesehatan seperti :

1. Migrain

2. Tekanan darah tinggi

3. Tekanan darah rendah

4. Nyeri sendi

5. Peningkatan dan penurunan detak jantung secara tiba-tiba

6. Epilepsi

7. Menghilangkan kadar kolesterol

8. Batuk

9. Ketidak nyamanan tubuh

10. Nyeri gout

11. Asma

12. Batuk terus menerus

13. Penyumbatan pembuluh darah

14. Penyakit yang terkait dengan Uterus & Urine

15. Masalah perut

16. Nafsu makan yang buruk

17. Juga semua penyakit yang berkaitan dengan mata, telinga & tenggorokan.

18. Sakit kepala

*BAGAIMANA CARA MEMAKAI AIR HANGAT*

Bangun pagi-pagi dan minum sekitar * 2 gelas air hangat ketika perut kosong *. Anda mungkin tidak dapat membuat 2 gelas di awal tetapi perlahan-lahan.

*CATATAN:*

*JANGAN* makan apa pun 45 menit setelah mengambil air.

Terapi air hangat akan menyelesaikan masalah kesehatan dalam jangka waktu yang wajar seperti:

✔ Diabetes dalam 30 hari

✔ Tekanan darah dalam 30 hari

✔ Masalah perut dalam 10 hari

✔ Semua jenis Kanker dalam 9 bulan

✔ Penyumbatan pembuluh darah dalam 6 bulan

✔ Nafsu makan yang buruk dalam 10 hari

✔ Uterus dan penyakit terkait dalam 10 hari

✔ Masalah Hidung, Telinga, dan Tenggorokan dalam 10 hari

✔ Masalah wanita dalam 15 hari

✔ Penyakit jantung dalam 30 hari

✔ Sakit kepala / migrain dalam 3 hari

✔ Kolesterol dalam 4 bulan

✔ Epilepsi dan kelumpuhan terus menerus dalam 9 bulan

✔ Asma dalam 4 bulan

*AIR DINGIN ITU TIDAK BAIK UNTUK ANDA !!!*Jika air dingin tidak mempengaruhi Anda pada usia muda, akan membahayakan Anda di *usia tua*.

*Air dingin menutup 4 urat-urat jantung dan menyebabkan serangan jantung*. Minuman dingin adalah alasan utama untuk serangan jantung.

*Ini juga menciptakan masalah di hati karena membuat lemak terjebak di hati*. Kebanyakan orang yang menunggu transplantasi hati adalah korban minum air dingin.

*Air dingin mempengaruhi dinding internal lambung,Ini mempengaruhi usus besar dan menghasilkan Kanker*

JANGAN TAHAN INFORMASI INI UNTUK DIRI SENDIRI," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 162 kali dibagikan dan mendapat 7 komentar dari warganet.

Benarkah meminum air dingin menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Minum Air Dingin saat Gelombang Panas

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi gelombang panas melanda Indonesia bahaya jika meminum air dingin, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi gelombang panas melanda Indonesia bahaya jika meminum air dingin.

"Buat saudara ku yang baikSiapkan diri menghadapiGelombang Panas

Banyak Minum yaaa

Hindari minum ES

Minum seteguk demi seteguk jangan langsung

Bisa sampai 40-50 derajat. Silahkan kondisikan tubuh.

AWAS..!!!!!

*GELOMBANG PANAS KINI MELANDA NEGARA KITA

--------------------------------

Indonesia, Malaysia,Singapura dan bbrp negara lain. saat ini sedang mengalami gelombang panas.

Apa tips yang harus dilakukan dan dihindari simak ya

Harap perhatikan hal hal berikut ini:

1. Seorang teman dokter datang ke saya mengatakan, cuaca sangat panas. Di siang hari, bisa mencapai 40C.

Katanya:”Pada 40 derajat, jangan Anda langsung minum air es! Pembuluh darah mikro bisa meledak. Seorang temannya, dari terkena terik matahari masuk ke rumah, mencuci kaki dengan air dingin. Pandangan mata jadi kabur, dia pun pingsan.

2. Suhu di beberapa tempat telah mncapai 38C atau lebih.Dlm kondisi ini, jaga suhu tubuh agar lebih tinggi.Bahaya ini tak hanya dari minum air es/dingin. Bahaya ini dapat terjadi bahkan sekedar mencuci tangan/muka/ kaki.Anda tidak boleh menyiram/menyeka bagian tubuh yg panas terkena sengatan terik, dengan air dingin.Anda membutuhkan sekitar 30 menit untuk membuat tubuh menjadi dingin sesuai suhu dalam ruangan.Minumlah air hangat suam, 34-36 Celcius.

3. Seorang dokter di rumah sakit, memeriksa seorang pria yang sangat sehat. 3 tahun kemudian, dokter tsb bertemu pria itu lagi dalam kondisi stroke. Pria itu pun bercerita:

"Beberapa waktu lalu, hari amat panas. Setelah kembali ke rumah, agar cepat dingin, saya segera mandi air dingin. Lalu, saya tidak dapat menggerakkan rahang dengan benar. Segera saya panggil ambulans untuk membawaku ke rumah sakit.."

Ingat, terutama di hari yang panas, hindari air dingin karena akan menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang cepat.

Yang di rumah ada anak kecil, harus memberi tahu pembantu dan seisi rumah tentang hal ini.

* Akhir-akhir ini cuaca panas di atas normalWalau mungkin kita rasa nyaman bila minum dingin.., namun, itu sangat berbahaya !*Hindari meneguk langsung minuman. Minumlah sedikit-demi sedikit, dengan perlahan

Sebarkan pesan ini ke keluarga-kerabat sekitar kita."

Benarkah informasi gelombang panas melanda Indonesia dan bahaya jika meminum air dingin? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

Minum Air Dingin Memicu Kanker Rahim

Sebuah pesan berantai berisi informasi yang diklaim sebagai penyebab kanker rahim beredar lagi di media sosial. Pesan berantai itu ternyata juga viral di Facebook beberapa waktu lalu.

Dalam pesan itu, terdapat empat hal yang diklaim dapat menimbulkan kanker rahim. Berikut narasinya:

"***ASAL USUL KANKER Di RAHIM !!!***

Sharing untuk para wanita (Bila pria yg terima tolong di teruskan ke wanita? di sekitar anda)

1. "Jangan Minum air Es,air soda,dan kelapa Saat Haid"

2. "Jangan keramas karena pori kepala sedang terbuka pd saat haid krn bisa menyebabkan sakit kepala (kena angin kepala)" "sangat berbahaya efek ini bisa di rasakan saat muda dan saat tua"

3."Jangan makan mentimun saat sdng haid karena getah yg ada pada mentimun bs menyebabkan haid tersisa di dinding rahim."

4. "Selain itu saat sdng haid" "Tubuh tdk boleh terbentur, terjatuh dan terpukul oleh benda keras terutama bagian perut karena bisa menyebabkan muntah darah, rahim bisa terluka"

Riset membuktikan, minum es saat haid bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim, setelah 5-10 thn dapat menyebabkan "KISTA & KANKER RAHIM". Tolong info ini disebarkan ke banyak wanita baik ibu, istri, anak putri kita, maupun teman wanita, ini . menunjukkan bahwa kita peduli sama mereka,Sayangi wanitamu. Indahnya Berbagi...Jgn putus dikamu ya..semoga bermanfaat bagi para wanita.

SUMBER : LPKI

( LEMBAGA PENYULUHAN KANKER INDONESIA )," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 115 ribu kali dibagikan dan mendapat 15 ribu komentar warganet.

Benarkah dilarang minum es hingga mandi saat sedang haid dapat menyebabkan kanker rahim seperti dalam pesan berantai tersebut? Simak hasli penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.