Sukses

Sinopsis My Liberation Notes, Drama Korea Baru dengan Karakter yang Khas

Pecinta drama Korea mendapat suguhan baru berjudul My Liberation Notes

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar drama Korea kembali disuguhi tayangan baru My Liberation Notes yang episode pertamanya tayang pada 9 April 2022 di Netflix.

Drama ini dibintangi Lee Min Ki sebagai Yeom Chang Hee, Kim Ji Won sebagai Yeom Mi Jung, Lee El sebagai Yeom Ki Jung, dan Son Seok Koo sebagai Mr. Goo.

My Liberation Notes menceritakan tentang tiga bersaudara Chang Hee, Mi Jung, dan Ki Jung yang ingin melarikan diri dari kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian. 

Ketiganya berasal dari Desa Sanpo, sebuah desa yang penduduknya lebih banyak memilih untuk pergi merantau ketimbang menetap. 

Namun, seorang pria misterius --- Mr Goo --- pindah ke lingkungan mereka. Dia adalah seorang pemabuk dengan tampilan seseorang dengan banyak beban dan rahasia.

Kepribadian Mr Goo yang misterius dan preferensi untuk menjaga dirinya sendiri membuatnya menjadi bahan gosip. Mi Jung --- saudara termuda dan paling pemalu dari ketiganya --- memutuskan untuk mendekati pria misterius tersebut.

Drama Korea alias drakor ini ditulis Park Hae Young dan diarahkan oleh Kim Seok Yoon.

Drama bergenre romansa kehidupan dan keluarga berhasil mendapat nilai 8,5 dari 179 penonton dari total penayangan dua episode. Pada episode pertama, My Liberation Notes mendapat nilai 8,6 dan pada episode kedua nilainya turun hingga 6,8 versi Mydramalist.

Walau demikian, banyak pujian yang dilayangkan warganet tentang drama ini.

“Dengar, harus menunggu seminggu untuk melihat episode tiga cukup menyakiti jiwaku. Jika aku tahu akan seperti ini aku tidak akan memulainya dan menunggu dulu sampai selesai. Aku tidak bisa hidup seperti ini,” ujar seorang warganet yang tak sabar menunggu episode 3 mengutip My Drama List pada Senin (11/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Lainnya Terhadap My Liberation Notes

Warganet lainnya juga berkomentar hal serupa, di mana ia merasa tak sabar menunggu pekan selanjutnya untuk menonton episode baru dari drama tersebut.

“Saya telah menonton drama, anime, dan acara mingguan lainnya selama lebih dari 10 tahun. Saya terbiasa menunggu satu minggu untuk sebagian besar hal jadi saya sudah jarang tak sabaran.”

“Tapi OMG drama ini! Saya tidak sabar menunggu seminggu yang akan datang, drama ini sangat bagus saya sudah dapat mengatakan bahwa drama ini adalah jenis drama saya dan memiliki potensi untuk menjadi favorit saya tahun ini dan kita masih di bulan April,” kata penonton.

Penonton lainnya juga berkomentar, ia menganalisis karakter-karakter dalam drama tersebut.

Menurutnya, Mi Jung adalah pribadi yang suka mencela diri sendiri, menampilkan kekosongan, dan luar biasa introvert. Sedangkan, Ki Jung adalah tipe yang bersembunyi di balik wajah yang keras, egois, padahal cengeng.

Chang Hee yang satu-satunya laki-laki dalam 3 bersaudara memiliki sikap blak-blakan dan pemarah. Di sisi lain, Mr Goo memiliki sikap apatis.

“Menarik untuk melihat karakter-karakter ini memiliki sikap yang cenderung negatif. Meskipun sikap mereka adalah kualitas yang mungkin tidak terlalu disukai, ini adalah beberapa karakteristik negatif yang cenderung dialami oleh kebanyakan manusia di dunia nyata.”

“Itu hampir memberi saya sedikit kenyamanan bahwa karakter-karakter ini mengalami kesengsaraan mereka sendiri secara paralel dengan kehidupan nyata. Saya sangat menikmati suasana My Liberation Notes sejauh ini,” tutupnya.

3 dari 4 halaman

Cerita Para Pemain Menikmati Proses Syuting My Liberation Notes

Beberapa saat jelang penayangan episode perdana, Kim Ji Won, Lee Min Ki, Lee El berbagi poin-poin penting yang dinanti-nantikan penonton My Liberation Notes.

Lee Min Ki, misalnya, yang berperan sebagai Chang Hee. Anak tengah yang realistis dan menyenangkan dari keluarga biasa. Meski awalnya dia berharap dapat pindah ke kota dan merasakan dunia yang lebih menarik, ternyata hidupnya tidak berjalan sesuai dengan rencananya.

Chang Hee pun hanya dapat mengembara tanpa tujuan melalui kehidupan tanpa ambisi untuk meraih sesuatu.

"Individualitas setiap karakter berbeda. Saat menemani mereka dalam perjalanan mereka, jika Anda menyimpulkan nilai dan tujuan apa yang telah mereka jalni dan bagaimana mereka akan 'bebas' di masa depan, imersi Anda akan meningkat," kata Lee Min Ki dikutip dari Soompi pada Senin, 11 April 2022.

Mengenai chemistry antara tiga bersaudara, Lee Min Ki, mengatakan bahwa dirinya pada dasarnya tidak memiliki saudara perempuan.

Namun, pada saat syuting, dia berpikir akan lebih baik jika Kim Ji Won dan Lee El benar-benar menjadi saudara perempuannya.

"Selain peran kami, saya memiliki chemistry yang hebat dengan mereka pada saat syuting. Saya lalu berpikir,'Ini adalah cinta keluarga antara saudara kandung'. Ini sangat bagus," katanya.

Sehingga, lanjut dia, ketika ketiganya saling melihat kekurangan satu sama lain, mereka pun bisa tertawa lepas dan menikmati proses syuting.

4 dari 4 halaman

Syuting My Liberation Notes seperti Bertemu Saudara Kandung

Sementara Kim Ji Won, yang berperan sebagai Yeom Mi Jung, merupakan anak bungsu yang terlahir dan tumbuh introvert.

Yeo Mi Jung diceritakan sebagai sosok pemalu yang selalu menjalani hidup dengan perasaan benar-benar sendiri, tapi punya tekad besar membuat perubahan dan membebaskan dirinya dari kehidupan monokrom yang tersebut.

"Kata 'pembebasan' terasa asing dan menarik. Saya merasakan berbagai eosi saat menonton karakter dalam drama ini dan ingin dibebaskan dari apa dan bagaimana mereka dibebaskan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dirinya tak dapat menutup kegembiraanya bisa bekerjasama dengan aktor-aktor lainnya.

"Di 'rumah kami' dalam drama, kami melihat satu sama lain dalam pakaian sehari-hari. Jadi, saya pikir 'Jika kami benar-benar saudara kandung, inilah yang terjadi'," katanya.

Terlebih Kim Ji Won tidak memiliki saudara laki-laki. Akan tetapi di drama ini dia harus bis abertengkar dengan kakak laki-lakinya.

"Ini tentang kehidupan sehari-hari yang tidak terlalu istimewa, tapi saya pikir akan ada poin yang berhubungan di dalamnya," katanya.

"Latar belakang Sanpo, tempat ketiga saudara kandung dan Mr Goo tinggal, juga sangat cantik. Saya harap Anda dapat menikmati pemandangan yang tenang dengan rasa senang," Kim Ji Won melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.