Sukses

25 Tahun Meninggalnya Galang Rambu Anarki, Anak Iwan Fals

Mengenang meninggalnya anak Iwan Fals, Galang Rambu Anarki

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 25 tahun meninggalnya Galang Rambu Anarki, putra dari musisi Iwan Fals. Anak Iwan Fals tersebut meninggal dunia pada 25 April 1997 pada usia yang sangat muda yakni 15 tahun.

Penyebab kematian anak Iwan Fals yang sempat berpacaran dengan aktris Sha Ine Febriyanti masih menjadi perbincangan. Ada banyak rumor yang menyebutkan bahwa Galang overdosis obat-obatan terlarang lantaran sempat mengaku dirinya menggunakan narkotika dan menjadi pecandu.

Seiring perjalanan, Iwan Fals mengungkapkan Galang meninggal bukan karena overdosis, melainkan ada permasalahan pernapasan. Diketahui Galang memang pernah mencoba obat-obatan terlarang tapi dia tak menyukainya.

"Nah, banyak pertanyaan apakah dia meninggal karena overdosis, itu juga kan. Enggak," kata Iwan Fals dalam kanal YouTube Iwan Fals Musica.

"Pernah mencoba hal begitu narkoba, tapi setelah dicoba dan dia enggak suka, 'Aku yang penting sudah tahu, Pak. Dia hanya lemah di pernapasan, takdirnya," dia menambahkan.

Dihimpun dari berbagai sumber, Galang Rambu Anarki mengikuti jejak ayahnya, Iwan Fals untuk terjun ke dunia musik. Dia membentuk band 'Bunga' bersama 4 rekannya, yakni Tony (vokal), Danial (bass), Oka (drum) dan Erry (gitar). Diketahui dia menjadi gitaris band tersebut.

Sayang, ketika album pertama mereka dalam proses, Galang meninggal dunia. Album perdana mereka pun kemudian dirilis dengan tajuk Untukmu, Galang pada 1997.

Album perdana mereka cukup laris manis di pasaran. Bahkan lagu Kasih, Jangan Pergi yang seakan menjadi obituari untuk Galang pun menjadi hits kala itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Galang Rambu Anarki Muncul di TikTok

 

Pada Desember 2022, wajah Galang Rambu kembali muncul di aplikasi TikTok melalui dokumentasi wawancara yang diunggah akun (at) fey1003.

Dalam video itu, diperlihatkan potongan wawancara sebuah program tayangan televisi yang menampilkan perbincangan dengan Galang.

"Iwan Fals ya Iwan Fals, Galang ya Galang, lain," kata Galang saat menceritakan album yang diluncurkannya bersama grup band 'Bunga'.

Dalam wawancara itu, Galang sangat antusias menceritakan proses pembuatan album bandnya.

"Saya punya warna musik sendiri, bukan alternatif, bukan pop, bukan apa, ya bikin album sendiri," ujarnya.

Tapi bukan materi wawancara itu yang membuat warganet terkesima. Justru ketampanan wajah Galang yang kemudian menghipnotis kaum Hawa di era milenial.

Di kolom komentar akun TikTok tersebut, sejumlah perempuan masa kini memuji ketampanan wajah anak sulung Iwan Fals itu.

"Mirip EL anaknya Ahmad Dhany nggak sih?," tanya akun @chalik_pratama

"klo masih ada pasti bakal jd terganteng diantara anak2 band yg ganteng 😇lagunya sukaaaa bgt dr dulu🥰al fatihah," sambung akun @dafaatar3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.