Sukses

Vaksinolog: Usai Vaksinasi Booster Antibodi Melonjak dalam 2-3 Hari

Liputan6.com, Jakarta Vaksinolog yang juga dokter spesialis penyakit dalam, Dirga Rambe Sakti, mengatakan bahwa antibodi tubuh lebih cepat naik usai vaksinasi booster ketimbang vaksin dosis pertama dan kedua COVID-19. Maka dari itu, bagi Anda yang sudah punya tiket vaksin booster segera ke sentra vaksinasi.

"Antibodi akan naik sekitar dua pekan pada vaksinasi dosis pertama dan kedua. Sementara itu kalau booster dalam 2-3 hari antibodi segera melonjak," kata Dirga dalam Virtual Class Ramadhan di Tengah COVID-19, Jaga Mental dan Prokes pada Rabu (30/3/2022).

Bagi Anda yang berencana mudik Lebaran 2022, Dirga menyarankan untuk memanfaatkan waktu yang ada sekarang untuk divaksinasi dosis ketiga. Terlebih bagi lansia, orang dengan komorbid serta orang dengan imunokompromais.

"Kan mudik kurang dari sebulan lagi, kalau sudah punya tiket booster, ayo segera lakukan!," sarannya.

 

2 dari 3 halaman

Imunitas Lebih Kuat

Pesan untuk segera mendaptkan vaksin booster juga disampaikan Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito.

"Siapapun yang belum booster, segera booster. Siapapun vaksinasinya belum lengkap, segera lengkapi supaya bisa di-booster, nantinya waktu puasa juga kan tidak membatalkan puasa kalau divaksin," kata Wiku di Jakarta, Senin, (28/3/2022).

Masyarakat yang akan mudik juga harus memastikan bahwa keluarga yang akan dikunjungi telah melengkapi vaksin maupun mendapat vaksin booster.

Dengan mendapat vaksin lengkap serta booster, imunitas seseorang akan lebih kuat apabila tertular COVID-19 dan risiko bergejala hingga kematian bisa ditekan.

"Jadi, segera bisa divaksin jika memungkinkan vaksin sehingga memiliki imunitas sehingga kalau ketemu jadi aman. Karena datanya menunjukkan vaksin belum lengkap apalagi lansia dan komorbid sangat fatal apabila tertular, mari kita lindungi mereka," kata Wiku.

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022.