Sukses

Kurma Jadi Makanan Khas Bulan Puasa, Ternyata Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Kurma menjadi salah satu makanan khas yang selalu ada setiap bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan kembali datang menghampiri. Selain ketupat dan opor ayam, salah satu makanan khas yang menemani umat Muslim menjalankan ibadah puasa adalah kurma.

Ternyata bukan tanpa sebab, kurma memang memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Ahli gizi, dr Feni Nugraha, MARS, MGz mengungkapkan bahwa kurma memiliki kandungan gula yang tinggi.

Kurma pun menjadi buah yang cocok untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Mengingat mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu saat berbuka memang dianjurkan.

"Disarankan untuk berbuka lebih baik kita mulai dengan makanan dan minuman manis terlebih dahulu. Salah satu yang bisa kita pilih adalah kurma dan buah-buahan," ujar Feni dalam konferensi pers Semangat #MenebarKebaikan Bersama MilkLife UHT Kurma di Bulan Suci Ramadhan ditulis Rabu, (30/3/2022).

"Kurma ini tinggi akan gula yang bisa membantu untuk menggantikan energi yang hilang atau gula darah yang turun ketika kita berpuasa 14 jam," tambahnya.

Feni menjelaskan, dalam satu buah kurma mengandung banyak manfaat kesehatan seperti kaya akan nutrisi, tinggi akan karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

"Nah kandungan serat yang tinggi ini sangat baik untuk kesehatan saluran cerna kita. Menjaga keseimbangan mikroflora atau bakteri yang baik di saluran cerna," kata Feni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memenuhi kebutuhan serat harian

Lebih lanjut Feni menjelaskan bahwa mengonsumsi kurma tiga hingga lima buah per harinya bisa memenuhi kurang lebih 20 persen dari kebutuhan serat harian.

"Si kurma ini juga tinggi akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menjaga stamina dan daya tahan tubuh kita tetap baik terutama selama menjalankan puasa," ujar Feni.

Selanjutnya, Feni menuturkan bahwa kurma juga baik untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, fungsi otak, tulang, dan kulit.

"Kurma juga mengandung pemanis yang alami dimana tadi sudah dijelaskan, saat berbuka baiknya dimulai dengan makanan minuman manis untuk menggantikan energi yang hilang saat berpuasa, dimana si kurma ini menjadi pilihan yang tepat karena alami," Feni menambahkan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.