Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Fungsi Puting Payudara pada Pria, Benarkah untuk Rangsangan Seksual?

Puting payudara pada pria sebenarnya memiliki manfaat tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara soal puting payudara pada wanita, Anda mungkin tahu salah satu manfaat terbesarnya berkaitan dengan menyusui. Namun bagaimana dengan puting pada pria?

Direktur pusat anatomi Icahn School of Medicine, Mount Sinai, dr Jeffrey Laitman mengungkapkan bahwa pertanyaan soal puting pada pria memang mungkin pernah terlintas dalam benak Anda.

"Sederhananya, ketika segala sesuatu mulai terbentuk secara embriologis atau sebelum kelahiran, pada saat itulah jaringan payudara dan area puting terbentuk," ujar Jeffrey dikutip Men's Health, Selasa (29/3/2022).

Dengan kata lain, payudara dan puting telah terbentuk sebelum jenis kelamin ditentukan. Perbedaan fungsional antara puting wanita dan pria pun terbentuk saat masa pubertas.

"Individu bertumbuh dan ada hormon yang berperan. Pada masa pubertas, jaringan payudara wanita akan mulai berkembang yang nantinya berfungsi untuk menyusui. Sedangkan puting pada pria, akan tetap di sana," kata Jeffrey.

Terlebih, menurut Jeffrey, payudara pria juga sebenarnya bisa untuk mengeluarkan cairan. Kondisi satu ini disebut dengan galaktorea, dimana puting pria mengeluarkan cairan karena efek samping pengobatan atau gangguan pada kelenjar pituitari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merangsang secara seksual

Jeffrey menjelaskan, puting laki-laki pun memiliki ratusan ujung saraf, sama seperti wanita. Itulah mengapa beberapa pria juga bisa ikut terangsang lewat puting.

"Pria memiliki kelenjar, saraf, dan jaringan di sekitarnya yang sama dengan wanita. Pada wanita, kelenjar membantu melumasi area tersebut agar lembut untuk menyusui," ujar Jeffrey.

"Sedangkan pada pria, kelenjar membantu membuat puting menjadi sensitif dengan cara yang baik saat berhubungan seks," tambahnya.

Jeffrey menambahkan, jadi puting pada pria bukanlah sesuatu yang tidak bermanfaat. Melainkan memiliki manfaat yang memang bisa menjadi zona erotis, yang dianggap penting untuk kehidupan seksual.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.