Sukses

Peringati Hari Kanker Sedunia 2022, Kalbe Farma Kenalkan Peran ONE Onco

Bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia, Kalbe mengenalkan peran ONE Onco dalam mengedukasi masyarakat terkait kanker.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya, Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day selalu diperingati pada tanggal 4 Februari. Edukasi terkait penyakit satu inipun kian meluas seiring berjalannya waktu.

Salah satunya yang dilakukan oleh PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe). Bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia 2022, Kalbe pun mengenalkan peran ONE Onco dalam mengedukasi masyarakat terkait kanker.

"Salah satu tugas utama kami memang terus-menerus ingin meningkatkan literasi akan penyakit kanker di Indonesia," ujar Project Senior Manager ONE Onco, Yoppy Hadi Soeyanto dalam keterangan pers, Jumat (4/2/2022).

ONE Onco sendiri merupakan layanan berupa situs web yang berfokus untuk memberikan edukasi pada masyarakat Indonesia terkait kanker. Terdapat beragam informasi mengenai kanker, penyebabnya, cara deteksi dini, hingga penjelasan terkait cara pengobatannya didalamnya.

Yoppy menjelaskan bahwa ONE Onco telah memenuhi hampir seluruh aspek dari empat pilar yang didorong oleh Kementerian Kesehatan RI terkait Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022.

"Mulai dari bagaimana peningkatan literasi akan kanker, bagaimana meningkatkan kesadaran untuk deteksi dini, memberikan kemudahan akses untuk pengobatan kanker khususnya di era pandemi ini," kata Yoppy.

"Kami ingin berkontribusi lebih banyak dalam empat pilar tersebut,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yoppy juga mengungkapkan bahwa ONE Onco telah melakukan lebih dari 100 webinar pada tahun lalu.

Webinar tersebut membahas beragam hal tentang penyakit kanker dengan kasus terbesar, seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, dan kanker darah.

Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan para komunitas, fasilitas kesehatan, dan organisasi pemerhati kanker. Para penyintas kanker, caregiver, hingga masyarakat luas pun turut hadir menjadi peserta.

"Kanker itu istilahnya tidak bisa dicegah, tapi bisa dideteksi lebih dini. Dengan pengetahuan yang meningkat maka tingkat deteksi dininya juga meningkat," ujar Yoppy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan untuk penyintas kanker

Selain memperhatikan pengobatan dan nutrisi para pasien kanker, Yoppy mengungkapkan bahwa pihak ONE Onco juga memberikan dukungan psikososial yang dilakukan oleh komunitas kanker.

Hal tersebut dinilai ampuh untuk membantu proses perawatan pasien agar bisa berjalan dengan lebih lancar.

"Kami sering kali mengadakan gathering di antara komunitas penyintas kanker. Itu sangat terasa, kata kuncinya itu komunitas untuk memberikan dukungan psikososial,"

"Kami membantu menjembatani kalau ada penyintas yang butuh dukungan psikososial, ingin terhubung dengan komunitas tertentu, di laman ONE Onco bisa mencari direktori komunitas. Kami juga sedang berkolaborasi dengan platform psikolog yang nanti bisa memberikan dukungan tersebut," ujar Yoppy.

3 dari 4 halaman

Layanan telemedisin

Yoppy mengungkapkan, ONE Onco juga telah terintegrasi dengan layanan telemedisin KlikDokter. Sehingga, masyarakat bisa lebih mudah untuk melakukan pengecekan kanker.

"Misalnya untuk masyarakat sudah aware untuk pap smear maupun USG payudara, namun khawatir untuk ke rumah sakit karena pandemi. Ekosistem kami memungkinkan untuk bisa memesan layanan skrining tersebut," kata Yoppy.

"Tentu lebih mudah karena dengan website saja sudah terhubung dengan fasilitas kesehatannya. Sudah bisa melakukan booking, bahkan bisa langsung pembayaran," tambahnya.

Menurut Yoppy, cara tersebut sudah dapat menghemat waktu para pasien sehingga tidak perlu untuk terus-menerus bolak-balik ke rumah sakit.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.