Sukses

BRIN Miliki 3 Jenis Laboratorium untuk Deteksi Berbagai Penyakit, Termasuk COVID-19

BRIN mengungkapkan pihaknya sudah memiliki berbagai fasilitas laboratorium yang menganut konsep biosafety.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, perkembangan di ranah medis membutuhkan berbagai macam pengujian sebelum akhirnya masuk pada fase uji klinis.

Terkait ini, para peneliti dan pengujian dengan risiko tinggi pun membutuhkan laboratorium khusus, yang mana harus memenuhi syarat keamanan hayati (biosafety) dan biosekuriti yang tinggi.

Sebagai upaya memenuhi hal tersebut, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memiliki berbagai fasilitas laboratorium yang menganut konsep biosafety.

Berdasarkan tingkatan Biosafety yang ada, laboratorium sebenarnya dikategorikan menjadi empat bagian dengan ragam penyakit yang berbeda seperti sebagai berikut.

- Biosafety Level 1 (BSL-1): Bacillus subtilis, E. Coli dan virus cacar air

- Biosafety Level 2 (BSL-2): Hepatitis B, Hepatitis C, Flu, virus West Nile, dan Salmonella

- Biosafety Level 3 (BSL-3): Anthrax, HIV, SARS, Mycobacterium tuberculosis, dan Brucella

- Biosafety Level 4 (BSL-4): Virus ebola zaire, dan hantavirus

Dalam setiap levelnya, ada perbedaan tingkat keamanan, aktivitas, dan sifat mikroorganisme yang ditangani.

Sejauh ini, BRIN sudah memiliki tiga fasilitas laboratorium yakni Biosafety Level 2 (BSL-2), Biosafety Level 3 (BSL-3), Animal Biosafety Level 3 (ASBL-3).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deteksi SARS-CoV-2

Koordinator Pelaksana Fungsi Pengelolaan Laboratorium BSL-2, BSL-3, dan ABSL-3 BRIN, Muhammad Ridwan menjelaskan, laboratorium BSL-2 biasanya diperuntukkan untuk menangani penyakit yang sudah ada sebelumnya.

"Laboratorium BSL-2 diperuntukkan menangani mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pada manusia dengan berbagai tingkat,” ujar Ridwan dalam siaran pers ditulis Minggu, (30/1/2022).

Namun, sejak pandemi COVID-19, Laboratorium BSL-2 telah digunakan sebagai layanan deteksi virus SARS-CoV-2, yang mana dilakukan dengan menggunakan metode Real Time PCR (RT-PCR).

Deteksi penyakit lain

Sedangkan, Laboratorium BSL-3 sendiri digunakan untuk menangani mikroorganisme yang dapat menginfeksi melalui jalur inhalasi.

Serta, digunakan untuk memperbanyak mikroorganisme seperti virus melalui proses kultur dalam media pertumbuhan tertentu.

Mikroorganisme tersebut berbahaya bagi periset dan tim di dalam laboratorium, dan berpotensi mengkontaminasi lingkungan.

Sehingga, Laboratorium BSL-3 miliki BRIN dilengkapi sistem tata udara yang dilengkapi dengan HEPA filter yang mampu menyaring partikel berukuran di bawah 0,3 mikron.

Pada Desember 2018, laboratorium satu inipun sudah tersertifikasi secara internasional dari World BioHazTec, suatu lembaga sertifikasi untuk fasilitas laboratorium di US, Asia, dan South America untuk kawasan asia, dan berkantor di Singapura.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.