Sukses

5 Bahan Alami untuk Merawat dan Melembapkan Kulit Tangan Kering dan Kasar

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit tangan kering merupakan hal yang biasa. Meskipun secara teknis bukan kondisi yang berbahaya, ini bisa menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan untuk beberapa orang.

Kulit tangan kering umumnya disebabkan oleh kondisi lingkungan. Cuaca, misalnya, bisa menyebabkan kulit tangan jadi kering. Sering mencuci tangan, terpapar bahan kimia, dan kondisi medis tertentu juga dapat membuat kulit tangan kasar dan kering.

Namun tidak perlu khawatir. Melansir eMediHealth, berikut adalah perawatan rumahan yang mudah dilakukan untuk melembapkan, melembutkan, dan memperbaiki kulit tangan yang kering dan kasar.

2 dari 6 halaman

1. Minyak herbal

Minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, minyak jojoba, minyak jarak, dan minyak lain yang mengandung vitamin E sangat bagus untuk melembapkan dan memperbaiki kulit Anda tanpa menyebabkan iritasi yang tidak semestinya atau efek samping lainnya, tulis Dermatolog Klinis Akanksha Shah Sanghvi MD.

Sifat penyembuhan kulitnya dapat ditelusuri kembali ke kandungan fenoliknya yang kaya, yang membantu mengekang peradangan dan melawan radikal bebas. 

Minyak terapeutik ini juga dengan mudah menembus ke dalam kulit untuk menghidrasi pada tingkat yang lebih dalam dan kemudian mengunci kelembapan dengan membentuk segel pelindung di atas kulit. Apalagi minyak nabati memiliki banyak nutrisi yang membantu menyehatkan kulit.

Anda cukup memberi beberapa tetes minyak ke tangan dan melakukan pijatan lembut. Dan aplikasikan kembali saat efek pelembap mulai hilang atau setelah mencuci tangan.

3 dari 6 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal koloid telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat topikal selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk xerosis (kulit kering), eksim, eritema (kemerahan kulit), pruritus (gatal), dan luka bakar.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan oatmeal yang bersifat anekdot ini telah didukung oleh bukti ilmiah. Beberapa penelitian telah menunjukkan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan penyembuhan kulit yang dikaitkan dengan ekstrak oat koloid, yang dapat digunakan untuk mengobati kekeringan pada tangan.

Sanghvi menjelaskan bahwa oatmeal dapat melembapkan kulit, mengekang peradangan yang mendasari yang sering bertanggung jawab atas kekeringan, meminimalkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, dan juga membantu dalam penumpahan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi yang baru.

4 dari 6 halaman

3. Madu

Madu adalah pelembap dan humektan yang bagus untuk semua jenis kulit, yang telah dikuatkan oleh banyak penelitian. Humektan adalah zat apa pun yang menarik air untuk menjaga kelembapan. Humektan topikal seperti madu memerangkap kelembapan ke dalam kulit Anda agar tetap lembut dan terhidrasi.

Selain itu, madu menunjukkan sifat antiseptik, antimikroba, antiinflamasi, anti alergenik, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki kulit Anda. 

Dalam konteks kekeringan tangan, madu tidak hanya berfungsi sebagai agen penghidrasi yang hebat tetapi juga sebagai eksfoliator ringan untuk mengelupas kulit kering dan bersisik.

Anda hanya perlu mengoleskan langsung madu organik yang sedikit diencerkan atau madu kelas medis yang tersedia di toko obat ke tangan Anda, jelas Sanghvi.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencampur madu dengan jeli petrolatum atau lemak alami lainnya untuk membuat pasta dan kemudian mengoleskannya ke tangan Anda. Anda juga bisa menambahkan air mawar ke dalam campuran untuk menambah kelembapan.

Biarkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan air hangat.

5 dari 6 halaman

4. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya terkenal dengan manfaat kulitnya. Karena tidak hanya memberikan kelembapan pada kulit, tetapi juga membantu menyegelnya untuk hidrasi dan kelembutan yang tahan lama.

Selain itu, gel lidah buaya penuh dengan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menunda penuaan kulit. Ini mudah meresap ke dalam kulit untuk merangsang fibroblas untuk memproduksi lebih banyak protein pembangun kulit yang disebut kolagen dan elastin, sehingga meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit.

5. Gosok perlahan dengan gula atau beras

Butiran gula atau butiran beras mentah keduanya dianggap abrasif ringan, yang berarti mereka memiliki efek menggosok lembut pada kulit. 

Jadi, scrub gula atau beras dapat digunakan dengan aman untuk menghilangkan kulit mati dan bersisik dari tangan Anda yang kering tanpa menyebabkan kerusakan atau iritasi lebih lanjut.

Setelah kulit mati terkelupas, kulit baru akan tumbuh menggantikannya. Pengelupasan lembut ini membantu merangsang sirkulasi darah dan regenerasi kulit, membuat tangan Anda terasa lembut dan kenyal.

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19