Sukses

3 Sifat yang Harus Dipunyai Pasangan agar Hubungan Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pasangan tentu ingin menjalani hubungan yang sehat. Sayangnya, banyak hubungan berakhir karena hal-hal sepele yang meningkat seiring waktu.

Untuk mencapai hubungan yang sehat, dibutuhkan usaha dan perjuangan panjang dari kedua belah pihak hubungan mereka terjauhkan dari prahara konflik dan terus bertahan awet sampai tua nanti.

Dilansir dari YourTango, pakar hubungan Rachel Moheban-Wachtel menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang perlu dimiliki untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang sehat bersama pasangan.

2 dari 4 halaman

1. Komunikasi yang efektif

Atasi iritasi Anda saat muncul dengan memberi tahu pasangan bagaimana perasaan Anda. Sebuah kebohongan kecil yang pada awalnya tampak sepele pun dapat berbuah malapetaka jika salah satu pihak mengetahuinya.

Begitu juga dengan menyimpan rahasia dari pasangan, entah apa pun alasannya. Ini karena artinya Anda tidak mempercayai pasangan Anda sepenuhnya.

Hubungan yang sehat bergantung pada kemampuan Anda untuk mengomunikasikan pikiran, keinginan, kebutuhan, dan masalah Anda. 

2. Belajar mensyukuri dan saling menghargai

Rasa saling menghargai bisa ditunjukkan dengan tindakan-tindakan “kecil” seperti mengakui kesalahan, meminta maaf kalau berbuat salah, dan berterima kasih atas segala hal baik yang dilakukan pasangan untuk Anda.

Ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa Anda mengapresiasi dirinya sehingga membuat pasangan merasa dihargai keberadaannya. Ia pun juga akan termotivasi untuk selalu berusaha memanjakan Anda.

3 dari 4 halaman

3. Berusahalah untuk berubah

Setiap manusia adalah individu unik yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain. Maka jika Anda sudah siap untuk menjalani sebuah hubungan asmara dengan seseorang, artinya Anda juga harus siap dengan segala kelebihan dan kekurangan dari orang tersebut.

Tapi itu juga bukan berarti Anda pasrah begitu saja memaklumi sifat-sifat pasangan yang kurang baik. Pasalnya, sifat-sifat buruknya juga bisa memengaruhi jalannya hubungan Anda berdua.

Begitu pula dengan sebaliknya. Mencoba untuk mengubah kebiasaan buruk demi pasangan tidaklah buruk. Sekalipun itu berarti Anda perlu melakukan sedikit lebih banyak upaya, ingatlah betapa pentingnya hal itu bagi pasangan dan hubungan Anda.

Berkomunikasi bisa membantu menemukan solusi yang sama-sama enak bagi Anda dan pasangan, untuk kemudian sama-sama belajar menghadapinya.

Reporter: Lianna Leticia

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19