Sukses

Gala Sky Membersihkan Meja Saat Video Call Thariq Halilintar, Cek Manfaat Ajarkan Balita Kebersihan

Dalam sebuah unggahan terbaru, Gala Sky terlihat tengah membersihkan permukaan meja makannya dengan tisu sambil melakukan video call dengan Thariq Halilintar.

Liputan6.com, Jakarta - Gala Sky Andriansyah belum lagi genap berumur 2 tahun. Tapi putra almarhumah Vanessa Angel dan Febri 'Bibi' Andriansyah itu suka bersih-bersih. 

Dalam sebuah unggahan terbaru, Gala Sky terlihat tengah membersihkan permukaan meja makannya dengan tisu sambil melakukan video call dengan Thariq Halilintar. Diketahui Thariq saat ini memang tengah menjalin kedekatan dengan tante Gala, Fuji An.

Melihat Gala dengan cara lucunya membersihkan meja, Thariq pun memberi pujian pada batita tersebut. "Kau bahagia dengan kebersihan ya? Bagus, bagus, karena kebersihan itu bagian dari iman, Gala," ucap Thariq.

Gala memang tampak senang bisa membersihkan sendiri meja makannya. Bocah itu tertawa-tawa menggemaskan sambil menunjukkan gumpalan tisu yang dipakainya membersihkan meja pada kamera yang menunjukkan wajah Thariq Halilintar.

Mengajarkan kebersihan pada anak bisa dilakukan sedari dini. Ada banyak hal positif yang dirasakan oleh orangtua ketika anak terbiasa ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kerapihan tempat tinggal. Selain itu, kebiasaan tersebut juga akan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Studi Ungkap Manfaat Ajakar Kebersihan pada Anak Usia Dini

Psikolog dan penulis buku Dr Tamar Chansky mengatakan, studi yang dipublikasikan oleh University of Minnesota mengungkap penerapan kebiasaan merapikan rumah pada anak akan membantu mereka mengembangkan kemampuan dalam penguasaan, tanggung jawab, serta kemandirian.

Studi tersebut melibatkan 80 anak dengan memerhatikan perkembangan mereka hingga dewasa. Diketahui anak yang mulai melakukan pekerjaan rumah tangga pada usia 3 atau 4 tahun cenderung punya hubungan yang baik dengan teman dan keluarga. Selain itu, mereka pun menunjukkan kemampuan akademik serta karir yang sukses dibandingkan anak-anak yang tidak dibiasakan membantu dalam tugas sehari-hari, dikutip dari laman NBC News.

Anak-anak perlu belajar mengenai nilai kebersihan, sama seperti ketika mereka belajar mengenai nilai uang. Seperti diungkap oleh studi, anak-anak yang mulai belajar mengenai kebersihan sejak usia 3 tahun memiliki posisi (sosial) yang baik di masa depan. Meski usia tersebut terdengar amat muda, kemampuan kognitif anak tetap bisa menyerap hal tersebut.

Meskipun tidak diberi tanggung jawab penuh, balita bisa tetap ikut membantu melakukan tugas, kata profesional organizer Sonja Meehan. Menurutnya, anak-anak balita biasanya benar-benar ingin dilibatkan dalam kegiatan merapikan dan membersihkan rumah.

"Ambilah kesempatan ini dan bantu mereka membentukan kebiasaan baik ketika mereka masih berada dalam masa antusiasme," ujar Meehan.

"Temukan cara yang bisa melibatkan mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti merapikan kaos kaki, membersihkan permukaan benda, memencet tombol mesin cuci, merapikan mainan, dan lainnya."

3 dari 4 halaman

Beri Pemahaman akan Alasan

Orangtua juga perlu menghilangkan konsep bahwa membersihkan atau merapikan rumah adalah sebuah hukuman. Alih-alih mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah sebuah hukuman atau kewajiban, orangtua bisa mengatakan kebiasaan membersihkan rumah sebagai cara mendapatkan hal lain.

"Jika Anda menyampaikannya secara negatif dan berbicara mengenai apa yang 'harus dilakukan' anak dengan cara marah-marah, anak juga akan meresponsnya dengan amarah."

Pakar komunikasi perusahaan Britta Gidican menemukan membantu anak memahami alasan bahwa rumah yang berantakan bisa berujung pada masalah yang lebih besar malah membuat anak tertarik melakukan tugas bersih-bersih rumah.

"Aku menjelaskan pada anakku bagaimana kuman beredar, serangga membuat sarang di rumah yang kotor dan berantakan, dan lainnya," ungkap Gidican.

Anak yang memahami alasan di balik suatu tindakan membantunya dalam menerapkan kebiasaan baik.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.