Sukses

Menkes Budi Sebut Sebagian Besar Pasien Omicron Bergejala Ringan dan Sudah dapat Pulang

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin melaporkan perkembangan kondisi pasien COVID-19 varian Omicron hingga 16 Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin melaporkan perkembangan kondisi pasien COVID-19 varian Omicron hingga 16 Januari 2022.

Menurutnya, pasien Omicron umumnya mengalami gejala ringan dan sebagian besar sudah dapat pulang ke rumah masing-masing.

“Sampai sekarang sudah lebih dari 500 orang yang kena Omicron dirawat di rumah sakit, yang pulang 300-an,” kata Budi dalam konferensi pers daring Minggu (16/1/2022).

Ia menambahkan, dari seluruh pasien Omicron, hanya ada tiga orang yang membutuhkan oksigen.

“Yang butuh oksigen hanya tiga dan itu pun masih kategori ringan, jadi tidak perlu sampai ventilator. Mereka menggunakan oksigen biasa yang dipasang di mulut bukan yang dimasukkan ke dalam. Dari tiga orang itu, dua di antaranya sudah sembuh dan sudah pulang,” kata Budi.

Sebagian besar kasus transmisi lokal Omicron terjadi di Jakarta, lanjutnya. Maka dari itu, pihaknya akan mempersiapkan DKI Jakarta sebagai “medan perang pertama” dari varian Omicron.

“Kita perlu memastikan kita bisa menangani perang melawan Omicron di DKI Jakarta. Protokol kesehatan di Jakarta harus ditingkatan, penggunaan Peduli Lindungi harus diperketat, tes, telusur, dan isolasi terpusatnya harus ditingkatkan.”

Ia juga menganjurkan untuk tidak berkerumun, tidak melakukan mobilitas terlalu banyak, dan tidak bepergian ke luar negeri.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 5 Cara Penanganan Dini KIPI pada Anak Pasca-Vaksinasi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.