Sukses

Satgas COVID-19 Ungkap 3 Alasan Pentingnya Vaksinasi Booster

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, tiga alasan pentingnya vaksinasi booster untuk masyarakat Indonesia. Apalagi bertepatan dengan adanya program vaksinasi booster yang dimulai 12 Januari 2022.

"Setidaknya terdapat tiga alasan penting vaksinasi booster COVID-19 untuk masyarakat Indonesia. Yang pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi, terutama di tengah kemunculan varian-varian COVID-19 baru, termasuk Omicron," ungkap Wiku di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Merujuk studi meta analisis dan analisis regresi oleh Fekin dkk tahun 2021, diketahui efektivitas empat vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan Emergency Use Listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengalami penurunan efektivitas sebesar 8 persen dalam 6 bulan terakhir pada seluruh kelompok umur.

"Dalam kurun waktu yang sama kepada orang dengan usia 50 tahun ke atas, terjadi penurunan efektivitas vaksin sebesar 10 persen dan 32 persen untuk mencegah kemunculan gejala," lanjut Wiku.

Kedua, pemberian vaksin booster sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi COVID-19 demi ketahanan kesehatan masyarakat jangka panjang.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Hak Setiap Orang untuk Perlindungan Diri

Ketiga, vaksinasi booster demi memenuhi hak setiap orang dalam mengakses vaksin untuk perlindungan diri dan komunitas.

"Nantinya, vaksin booster akan diberikan secara gratis dengan beberapa skema pembelian oleh badan hukum atau badan usaha vaksin," Wiku Adisasmito menambahkan.

"Bahwa terlebih dahulu diberikan kepada kabupaten/kota dengan cakupan 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua sebagai acuan kecepatan vaksinasi."

Program vaksinasi booster merupakan salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi 1 kali atau 2 kali suntik, tergantung jenis vaksinnya. Upaya ini bertujuan mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun terhadap populasi yang ditemukan berdasarkan hasil serosurvei antibodi.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis