Sukses

Bukan Varian Baru Corona dan Bukan Nama Penyakit Baru, Apa Itu Florona?

Kasus Florona tercatat pada seorang ibu hamil jelang melahirkan di Isreal. Saat itu ia mengalami sakit flu bersamaan dengan statusnya yang positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun 2022, istilah Florona--ada juga yang menyebutnya dengan Flurona--membuat penasaran banyak orang. Apa itu?

Israel melaporkan kasus pertama orang terpapar influenza dan COVID-19. Maka dari itu, disebut dengan Flurona atau Florona.

Kasus Florona tercatat pada seorang ibu hamil jelang melahirkan di Rabin Medical Center, Isreal. Saat itu ia mengalami sakit flu bersamaan dengan statusnya yang positif COVID-19.

"Ibu hamil tersebut didiagnois dengan flu dan virus Corona saat tiba," kata Direktur Ginekologi di Rumah Sakit Beilinson di Kota Petah Tikva, Israel, Arnon Vizhnitser, mengutip dari Independent pada Selasa (4/1/2022).

Sudah dilakukan pemeriksaan kembali dan hasil tetap menunjukkan bahwa wanita tersebut sakit influenza dan COVID-19.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Profesor Tjandra Yoga Aditama, menerangkan bahwa Florona atau Flurona bukanlah nama penyakit baru. Seperti keterangan di atas, ini adalah kejadian seorang pasien yang terkena COVID-19 dan pada saat yang sama juga terkena flu.

"Florona juga bukan merupakan jenis dan bukan varian dari COVID-19. Ini dua penyakit berbeda yang kebetulan terkena pada orang yagn sama," kata Tjandra dalam pesan teks yang diterima Health Liputan6.com ditulis Selasa (4/1/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kena COVID-19 Bisa Juga Sakit Penyakit Menular Lain?

Dalam dunia kesehatan bisa saja seseorang terkena penyakit menular juga terkena penyakit menular lainnya.

"Contoh yang banyak dibahas adalah pasien yang kena sekaligus tuberkulosis dan HIV," kata Tjandra.

Dalam kasus COVID-19, memang pernah ada laporan seseorang terpapar penyakit karena virus SARS-CoV-2 bersamaan dengan penyakit lain.

"Walaupun jarang, tapi juga pernah dilaporkan pasien COVID-19 yang juga ada penyakit tuberkulosis di tubuhnya," kata Tjandra.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini