Sukses

Profesor Jepang Ciptakan Layar TV yang Bisa Hadirkan Rasa Makanan

Profesor dari Universitas Meiji, Jepang, mengembangkan sebuah prototipe layar televisi yang bisa menghadirkan rasa makanan atau minuman.

Liputan6.com, Jakarta - Profesor dari Universitas Meiji, Jepang, mengembangkan sebuah prototipe layar televisi yang bisa menghadirkan rasa makanan atau minuman. Inovasi ini merupakan bagian dari perkembangan teknologi multi-sensori.

Jika biasanya orang hanya dapat membayangkan rasa makanan atau minuman dari tayangan televisi, penemuan Prof Homei Miyashita ini akan memungkinkan penonton merasakan rasanya. 

Penonton dapat merasakan rasa makanan di tv dengan menjilat permukaan layar. Perangkat yang dinamakan Taste the TV (TTTV) ini memiliki 10 macam rasa yang menyemprot ke lapisan plastik film di permukaan layar menghadirkan kombinasi rasa makanan yang tersaji.

"Tujuannya adalah menjadikan mungkin bagi orang untuk memiliki pengalaman seperti makan di sebuah restoran atau di belahan lain dunia, namuan dengan tetap berada di rumah," ujar Miyashita pada Reuters, dikutip Insider.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Membuat Platform Rasa Sebagai Konten

Lebih jauh Miyashita menjelaskan gagasannya. Dia berpikir menghadirkan platform yang memungkinkan rasa di seluruh dunia dapat disebarkan sebagai konten.

"Aku perpikir membuat sebuah platform di mana rasa dari seluruh dunia bisa didistribusikan sebagai 'konten rasa'. Ini sama seperti menonton film atau mendengarkan lagu yang Anda suka," jelasnya.

"Aku berharap di masa depan, orang bisa mengunduh dan merasakan rasa makanan dari restoran-restoran yang mereka inginkan, terlepas dari di mana lokasi mereka," lanjutnya.

Misyashita mengatakan, perangkat ini akan berguna bagi chef atau ahli wine yang baru memulai karier, yang perlu mencicip banyak rasa namun terkendala jarak.

Prototipe layar tv buatan Miyashita pun telah dipamerkan pada media. Salah seorang mahasiswa Universitas Meiji berkesempatan "mencicip" rasa cokelat dari layar tersebut. Setelah mengatakan pilihan rasa pada tv, bagian tempat rasa kemudian menyemprotkan sampel pada lapisan plastik yang tertera di layar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini