Sukses

Inilah Mengapa Anda Mengalami Mimpi Aneh Selama Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami mimpi aneh sejak masuk pandemi COVID-19? Jika demikian, Anda tidak sendirian karena tampaknya semakin banyak orang yang bertanya-tanya mengapa mimpi mereka jadi lebih nyata.

Kita sering mencari kebenaran yang lebih dalam yang tersembunyi dalam mimpi, tetapi apa artinya ketika mimpi yang jelas mulai terjadi secara kolektif di antara sekelompok besar orang? Sementara itu, sifat mimpi yang berubah-ubah membuatnya sulit untuk dipelajari.

Dilansir Best Life Online, Jumat (10/12/2021), ada beberapa teori yang dimiliki para ahli tentang akar dari lonjakan mimpi aneh selama pandemi ini.

"Virus corona dan langkah-langkah yang diambil orang untuk mengatasinya menyaring ke semua aspek kehidupan orang, bahkan mimpi mereka," kata Carole Lieberman MD, MPH. "Freud menyebut mimpi sebagai jalan kerajaan menuju alam bawah sadar'. Jadi, meskipun kita mungkin tidak mengungkapkan sejauh mana ketakutan kita dalam percakapan sehari-hari, mereka diekspresikan lewat mimpi buruk."

Mimpi buruk adalah salah satu merek dagang dari gangguan stres pasca trauma (PTSD), kata Lieberman yang menemukan bahwa pasiennya yang tenggelam dalam berita-berita pasca tragedi 9/11 mengalami trauma yang mirip dengan PTSD disertai dengan vivid dreams (mimpi jelas).

Sementara itu, beberapa ahli tampaknya tidak setuju apakah menonton liputan traumatis dapat menyebabkan PTSD atau tidak, mereka mengakui bahwa melihat berita yang menyedihkan dapat menyebabkan kecemasan dan mimpi buruk yang mengganggu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gagasan Lain

Pergeseran jadwal tidur kita karena pandemi juga bisa menjadi penyebabnya.

"Semakin lama kita tidur, semakin besar kesempatan kita tidak hanya untuk bermimpi tetapi juga untuk memiliki mimpi yang jelas," kata Stephanie Gailing, konsultan kesehatan dan penulis The Complete Book of Dreams.

Mengapa demikian? "Kita menjalani siklus tidur penuh setiap 90 menit, dengan setiap siklus termasuk periode tidur REM (Rapid Eye Movement), tahap di mana kita memiliki mimpi yang jelas dan mudah diingat," kata Gailing.

"Jadi, semakin lama kita tidur, semakin banyak siklus REM yang bisa kita miliki. Selain itu, setiap siklus REM berikutnya lebih lama, jika kita tidur lebih lama, kita juga memiliki periode yang lebih lama di mana kita mengalami mimpi yang jelas dan tak terlupakan."

Meskipun tampaknya beberapa orang mengalami mimpi yang merasa terhubung dengan pandemi, yang lain melaporkan mimpi yang sama sekali tidak terkait dengan COVID-19, kata pakar mimpi Sharon Pastore.

Dia mengaitkan ini dengan gagasan bahwa, "Karena bahasa mimpi adalah metafora, berada di rumah dengan sedikit gangguan dapat menggerakkan pikiran untuk bermimpi tentang hal lain yang telah Anda alami yang tidak terselesaikan, bisa jadi hubungan, pekerjaan, atau situasi yang buruk."

3 dari 4 halaman

Terjadi Pada Anak

Bukan hanya orang dewasa yang mengalami fenomena misterius ini. Psikoterapis Kelley Kitley juga mengatakan bahwa anak-anaknya mengalami mimpi yang jelas, menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak dan orang dewasa untuk memproses mimpi, bahkan jika mereka berjuan untuk memahaminya.

Selain itu, dia menyarankan orang tua untuk memvalidasi betapa menakutkannya mimpi itu bagi anak dan meyakinkan mereka bahwa mereka aman. Ketika datang ke klien dewasanya, Kitley meminta mereka menulis tentang mimpi tersebut segera setelah bangun.

Terakhir, jika mimpi Anda terasa di luar kendali, cobalah untuk mengurangi asupan berita, menjauh dari layar sebelum tidur, dan berlatih meditasi.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19

  • Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana.
    pandemi
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut
    Mimpi Buruk
  • PTSD
  • Mimpi