Sukses

5 Fakta tentang Air Mata dan Menangis yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Mengeluarkan air mata alias menangis memang bisa membuat mata merah dan bengkak. Namun, bagi sebagian besar orang menangis ternyata bisa jadi 'obat ajaib' yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Mengutip Florida Eyes Specialists and Cataract Institute, air mata tidak hanya melindungi mata dari puing-puing dan kotoran dunia luar, tapi juga sebagai penghalang konstan dari iritasi berbahaya dan mengurangi hormon stres.

Berikut adalah beberapa keajaiban air mata bagi kesehatan, dilansir dari Beliefnet, Selasa (7/12/21).

 

 

2 dari 5 halaman

1. Membantu penglihatan

Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Selain itu, air mata juga berfungsi sebagai antibakteri alami karena mengandung cairan lisozom. Cairan tersebut dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

2. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.

Sehingga secara tidak langsung, mengeluarkan air mata menandakan bahwa racun dari dalam tubuh juga ikut keluar lewat mata.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

3. Melegakan perasaan

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa tangisan emosional menenangkan keadaan emosional Anda yang intens dan mencegah energi itu berubah menjadi masalah kesehatan mental.

4. Membuat Anda lebih dekat dengan orang lain

Dalam kebanyakan situasi, menangis di sekitar seseorang akan mengikat Anda berdua bersama. Mereka menyadari bahwa Anda merasa sedih dan mencoba melakukan apa yang mereka bisa untuk membuat Anda merasa lebih baik.

“Terutama dalam kasus duka bersama atau dalam menghadapi bencana bersama atau peristiwa mengerikan lainnya, tangisan bersama dapat menjadi cara penting untuk menjalin ikatan dengan orang lain dan membangun kemanusiaan kita bersama,” kata Craig Smith PhD, seorang profesor psikologi dan pengembangan manusia di Vanderbilt University.

4 dari 5 halaman

5. Mengurangi stres

Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

 

Reporter: Lianna Leticia

 

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19