Sukses

Waspada Varian Omicron, Jokowi Minta Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun Segera Dimulai

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 45 negara sudah melaporkan adanya varian virus Corona Omicron. Meski belum terdeteksi di Indonesia, Presiden Joko Widodo meminta agar anak-anak 6-11 tahun diberikan perlindungan yakni lewat vaksinasi COVID-19.

"Terkait vaksin (COVID-19) anak-anak, supaya segera segera dimulai yakni umur 6-11," kata Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pesan Jokowi dalam update PPKM, Senin (12/6/2021).

Hal ini selaras dengan pesan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kepada negara-negara dunia menghadapi varian Omicron ini. Anak-anak termasuk dalam masyarakat rentan yang juga terdampak COVID-19 sehingga vaksinasi COVID-19 pada mereka perlu didorong.

WHO juga meminta agar negara-negara memperbanyak pemeriksaan genome sekuensing dan sampel.

"Juga meminta agar disiapkan respons fasilitas kesehatan dan pembatan kegiatan masyarakat," kata Airlangga.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

BPOM Izinkan Anak 6-11 Tahun Disuntik Vaksin Sinovac

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito pada Senin, 1 November 2021 mengumumkan bahwa anak 6-11 tahun diizinkan dalam pemberian vaksin COVID-19 merek Sinovac.

Berdasarkan hasil uji klinik, vaksin Sinovac aman anak usia 6-11. Efikasi vaksin ini sama dengan vaksin untuk anak usia 12-17.

“Ini adalah vaksin pertama untuk usia 6-11 yang terdaftar di BPOM. Kami menunggu vaksin lain sehingga semakin banyak segmen anak yang bisa menerima vaksin COVID-19,” kata Penny.

Sinovac adalah vaksin yang primer dengan jumlah yang paling dominan di Indonesia. Keputusan penyuntikannya ada di tangan Kemenkes RI yang dikaitkan dengan program vaksinasi ke depan.

“Ini adalah kabar yang menggembirakan pasalnya vaksinasi anak sangat penting mengingat pembelajaran tatap muka (PTM) telah dimulai," kata Penny.

“Saya percaya tentunya program vaksinasi anak usia 12-17 sudah bergulir, tentunya ini akan ditambah dengan segmen usia anak yang lebih muda lagi yaitu usia 6-11 dan saya kira ini berita yang banyak ditunggu oleh orangtua," kata Penny saat itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin Covid-19.