Sukses

Perdana Tiba di Indonesia, 134.500 Vaksin Covovax dari India

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, Indonesia kedatangan vaksin COVID-19 merek Covovax pada Sabtu, 27 November 2021 sejumlah 134.500 dosis. Vaksin COVID-19 yang merupakan kedatangan tahap ke 135 ini dalam bentuk vaksin jadi dari total 10 juta dosis yang direncanakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, kedatangan vaksin Covovax demi memperkuat program vaksinasi nasional guna mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

"Vaksin Covovax ini merupakan vaksin COVID-19 dengan platform protein sub unit. Vaksin ini, protein yang direkayasa dari urutan genetik virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, ditambahkan dengan matriks m berbasis saponin (senyawa)," kata Maxi saat menyambut kedatangan vaksin Covovax di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu, 27 November malam tadi.

“Penyediaan vaksin dilakukan beberapa strategi, yakni bilateral, multilateral, serta eksplorasi dari kemampuan produksi dalam negeri."

Maxi melanjutkan, hingga 26 November 2021, Indonesia telah menerima vaksin lebih dari 317 juta dosis dari kebutuhan 412 juta dosis.

"Diharapkan pada akhir tahun 2021, 75 persen (vaksinasi) tercapai untuk dosis pertama dan 65 persen untuk dosis dua," lanjutnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Suplai Vaksin Covovax dari India

Covovax adalah vaksin COVID-19 dengan platform recombinant spike protein dari virus SARS-COV-2 yang dikembangkan pertama kali oleh Novavax Inc, biotechnology company yang berbasis research & development asal Maryland, Amerika Serikat.

Sebagai upaya memperluas jangkauan ketersediaan vaksin, Novavax Inc melakukan kerja sama lisensi dengan Serum Institute of India Private Limited (SIIPL) sebagai Central Manufacturing Organization untuk penyediaan vaksin COVID-19 di Low M untuk Low Middle Income Countries (LMIC).

Artinya, penyediaan vaksin COVID-19 untuk negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah. Di India, vaksin Novavax diproduksi bernama merek dagang 'COVOVAX.'

Vaksin Covovax yang seluruhnya diterima Indonesia pun akan disuplai dari India, menurut informasi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 28 November 2021, saat mengkonfirmasi kepada tim Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Hal ini juga karena Indonesia termasuk dalam negara kategori LMIC.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Upaya Wujudkan Target Indonesia dari Pandemi Covid-19 ke Endemi