Sukses

5 Fakta akan Buah Melon, Buah Manis yang Menyegarkan

Liputan6.com, Jakarta - Melon termasuk jenis buah yang sering dikonsumsi sebagai makanan selingan atau penutup. Kebanyakan orang biasanya menyukai buah ini karena rasanya yang manis dan segar.

Selain mengandung vitamin C dan potasium, melon juga memiliki kandungan air tinggi yang relatif rendah kalori, dan juga bebas lemak dan kolesterol.

Berkat kandungan gizinya yang beragam, buah melon berpotensi memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah fakta akan buah melon yang begitu bervariasi, dikutip dari Medical News Today.

2 dari 5 halaman

1. Menurunkan tekanan darah

Pola makan yang banyak mengandung sayur dan buah dapat membantu menurunkan tekanan darah serta penyakit jantung. Terlebih lagi bila makanan yang Anda konsumsi rendah garam dan kaya akan kalium.

Garam di dalam tubuh dapat mengikat cairan dan menambah volume darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Dan kalium dalam melon dapat membantu menyeimbangkan kembali volume darah. Dengan begitu, tekanan darah berangsur menurun.

2. Melancarkan pencernaan

Buah melon dapat menjadi solusi bagi Anda yang susah buang air besar. Manfaat ini tidak lain berasal dari kandungan air dan serat pada melon. Asupan air dan serat akan membuat feses lebih berisi, tapi cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

Memang, jika dibandingkan dengan buah lain kandungan serat pada melon tidak seberapa. Namun ini justru bagus untuk orang yang belum terbiasa makan makanan tinggi serat.

Dengan menambah asupan serat sedikit demi sedikit, perut akan mulai terbiasa mengeluarkan feses secara teratur.

3 dari 5 halaman

3. Mencegah dehidrasi

Selain minum air putih, satu lagi cara mudah untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan air seperti melon.

Dua potong melon mengandung 159 gram air, atau setara dengan setengah gelas air. Berbagai mineralnya pun dapat memulihkan elektrolit dalam tubuh Anda.

4. Mengontrol gula darah

Walaupun rasanya manis, melon termasuk buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Ini karena kandungan air dan serat pada melon memperlambat penyerapan gula dalam tubuh sehingga mencegah dan menurunkan gula darah dengan cepat.

4 dari 5 halaman

5. Memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi

Melon termasuk buah dengan vitamin C yang bermanfaat bagi imun tubuh. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, vitamin C mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi dan merangsang sel tertentu untuk memakan bakteri.

Vitamin C juga memperkuat sel imun yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan selama melawan kuman.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar