Sukses

Warna Kuku Bisa Ungkap Masalah Kesehatan Anda, Salah Satunya Kanker Kulit

Penampilan kuku bisa menjadi tanda masalah kesehatan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Kuku adalah bagian integral dari tubuh kita yang membantu melindungi jari tangan dan kaki kita. Kuku juga memungkinkan kita melakukan aktivitas yang tidak mungkin dilakukan tanpanya, seperti menggaruk atau memungut sesuatu.

Mengingat bahwa ia menerima darah dan nutrisi dari tubuh, kuku bisa menandakan kekurangan atau penyakit tersembunyi yang mungkin Anda derita.

Perubahan warna kuku mungkin tidak tampak mengkhawatirkan dalam banyak kasus. Namun, terkadang itu bisa menjadi pertanda penyakit kronis, terutama kanker.

Karena itu, dikutip dari Times of India, berikut apa yang dapat diungkapkan kuku Anda tentang kesehatan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengingatkan akan Kesehatan Anda

Perubahan kuku bisa terjadi pada siapa saja, tergantung dari jenis penyakit dan kekurangan yang dialami seseorang.

Sementara kuku yang menguning atau menebal dapat menunjukkan infeksi jamur, kuku yang rapuh mungkin merupakan penanda penyakit tiroid atau anemia.

Jika Anda melihat retakan kecil di kuku Anda, itu mungkin menunjukkan psoriasis atau alopecia areata. Selain itu, garis putih di bawah kuku dapat berarti Anda menderita penyakit ginjal atau hati.

3 dari 5 halaman

2. Perubahan Warna Kuku Jadi Penanda Kanker

Perubahan warna kuku tidak boleh diabaikan karena dapat mengindikasikan kanker.

Perubahan warna kuku mendeteksi melanoma subungual, sejenis kanker kulit. Tanda ini bisa muncul dalam bentuk garis gelap di bawah kuku Anda, yang menyebabkan perubahan warna kuku. Ini dapat membuat area gelap di dekat kutikula kuku, juga dikenal sebagai lesi subungual.

Selain sebagai tanda kanker, perubahan warna kuku tersebut juga bisa merupakan hasil dari pengobatan kanker, efek samping yang biasanya terjadi akibat obat kanker.

4 dari 5 halaman

3. Gejala Lain Melanoma Subungual pada Kuku

Selain pembentukan garis-garis hitam pada kuku jari tangan atau kaki, ada tanda-tanda melanoma subungual lainnya yang bisa muncul pada kuku Anda.

  • Kuku lemah dan rapuh
  • Memar di kuku Anda, yang sulit disembuhkan
  • Pendarahan di sekitar kuku
  • Penipisan, retak pada lempeng kuku
  • Garis-garis kehitaman-kecoklatan yang terus bertambah

Mengingat melanoma mengancam jiwa, jika tidak diobati, bisa berakibat fatal.

Satu-satunya cara untuk mengatasi garis hitam di kuku yang disebabkan melanoma subungual yaitu pembedahan. Tujuannya untuk menghentikan pertumbuhan jaringan abnormal pada kuku dengan cara mengambil sebagian atau bahkan seluruh kuku.

Namun bila kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, pengobatan nantinya akan disesuaikan kembali dengan tingkat keparahan.

 

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Poin Utama Cegah Klaster Keluarga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.