Sukses

Pesan Vanessa Angel untuk Gala: Mami Terus Berusaha jadi Ibu yang Baik Buat Kamu

Sepenggal pesan menyentuh Vanessa Angel sebelum meninggal dunia untuk Gala

Liputan6.com, Jakarta - "You Die, I Die" menjadi kalimat yang paling banyak digaungkan di media sosial setelah kabar meninggalnya Ratu Film Televisi (FTV), Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah alias Bibi.

Vanessa Angel dan Bibi tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Tol Nganjuk pada Kamis siang, 4 November 2021. Mobil Pajero Sport putih yang mereka tumpangi dari arah Jakarta menuju Surabaya mengalami laka lantas di KM672+400a pada pukul 12.36 WIB. 

Dalam kecelakaan tunggal yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi, terdapat pula anak laki-lakinya, Gala Sky Andriansyah, baby sitter, dan kerabat yang bertugas sebagai supir. Ketiganya saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit.

Banyak rekam jejak berkesan yang ditinggalkan Vanessa Angel dan Bibi. Di banyak kesempatan, termasuk saat menjadi bintang tamu di konten vlog sejumlah artis, keduanya memerlihatkan kemesraan bak pasangan Romeo dan Juliet.

Kalimat You Die, I Die bergema lantaran akhir-akhir ini---baik Vanessa Angel maupun Bibi---cukup sering menyinggung soal 'kematian'. Bibi yang diramal akan meninggal di puncak karier, hingga dirinya yang memberi jawaban akan memilih mati juga saat istrinya melemparkan pertanyaan,'Hari terakhir aku di dunia ini kamu bakal ngapain?.'. 

Baca Juga:  Berdua hingga Menjemput Maut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Vanessa Angel untuk Gala

Beberapa kali juga, Vanessa Angel dan Bibi membicarakan soal anak mereka, Gala. Keduanya mengaku telah menyiapkan asuransi yang diperuntukkan bagi Gala. Di kanal Youtube milik Nikita Willy, Vanessa mengungkapkan perasaan hatinya, dan menyampaikan seuntai pesan menyentuh untuk buah hati tercinta. 

"Hai, Gala. Semoga kamu nonton ini mami masih ada," kata Vanessa Angel.

Melihat Vanessa yang mulai tak kuat menahan air matanya, Bibi yang melanjutkan pesan tersebut untuk Gala. 

"Gal, apa pun yang mamimu lakuin, percayalah, dia melakukan yang terbaik di hidupnya untuk kamu. Dia bertahan buat kamu," kata Bibi.

Bibi lalu bercerita sedikit mengenai perjuangan Vanessa Angel yang berjuang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif saat mendekam di penjara.

"Saat di penjara pun maksain mompa ASI-nya demi kamu. Apa pun yang dia lakuin demi kamu," Bibi melanjutkan.

Pada November 2020, Vanessa Angel harus menjalani sisa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu, Jakarta Timur, atas kepemilikan psikotropika jenis xanax.

Bagi bayi, terutama di enam bulan pertama kehidupan, air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik yang tak tergantikan. Namun, putra Vanessa Angel kini hanya bisa minum susu formula karena tidak bisa lagi mendapatkan ASI sang ibu.

Melihat kondisi Vanessa Angel tersebut membuat Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) melayangkan surat ke Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly serta Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Dalam surat bertanggal 27 November 2020, AIMI menyebutkan bahwa pemberian ASI merupakan hak bagi ibu dan anak yang juga dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 128. Begini bunyinya:

Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahrikan selama enam bulan, kecuali atas indikasi medis. Pemerintah harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

Hal di atas tidak bisa didapatkan Vanessa Angel dan anak serta kasus serupa lainnya.

Namun, akhirnya Vanessa Angel bisa kembali menjalankan tugasnya sebagai ibu, bertanggung jawab memenuhi hak Gala memeroleh ASI eksklusif. 

"Dia sayang, dia cinta sama kamu. Semua buat kamu. Tolong sayangi dia, hargai dia lebih dari kamu menghargai papimu ini," lanjut Bibi. 

3 dari 4 halaman

Vanessa Angel Minta Maaf ke Gala

Sambil menangis, Vanessa Angel, mengatakan,"Apa pun yang mami lakuin di masa lalu, semoga Gala bisa mengerti kalau mami sayang sama Gala. Semoga Gala bangga sama mami. Semoga Gala bisa tahu perjuangan mami sama papi dulunya seperti apa.".

Di akhir kalimatnya, Vanessa pun meminta maaf kepada Gala bila selama ini belum bisa menjadi ibu yang baik.

"Maafin mami kalau mungkin belum bisa menjadi ibu yang baik tapi mami akan terus berusaha menjadi ibu yang baik buat kamu," katanya.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.