Sukses

Anak Usia 6-11 Divaksin Setelah Vaksinasi Nasional Lebih dari 70 Persen

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun baru akan dilakukan setelah cakupan vaksinasi nasional lebih dari 70 persen. Dalam hal ini, ketercapaian cakupan vaksinasi dosis pertama.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, dimulainya vaksinasi anak 6-11 tahun juga melihat cakupan vaksinasi lansia di daerah. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

"Sebagaimana yang disampaikan oleh Menko PMK, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan, setelah cakupan vaksinasi dosis pertama secara nasional telah melebihi 70 persen dari total sasaran dan lebih dari 60 persen populasi lansia," ujar Wiku menjawab pertanyaan Health Liputan6.com di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 2 November 2021.

"Dan vaksinasi ini (anak usia 6-11 tahun) dimulai dari kabupaten/kota yang telah memenuhi target tersebut (vaksinasi dosis pertama dan lansia)."

Izin penggunaan vaksin CoronaVac produksi Sinovac untuk anak 6-11 tahun pun sudah resmi dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Ketetapan waktu pelaksanaan vaksinasi ini pun sedang dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan, yakni rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait hal-hal teknis pemberian vaksin.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Capaian Vaksinasi 70 Persen Akhir 2021

Perihal capaian vaksinasi dosis pertama lebih dari 70 persen, Wiku Adisasmito menambahkan, Pemerintah berusaha mencapai target ini di akhir tahun 2021. Selanjutnya, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dimulai.

"Nantinya, target vaksinasi pada anak menyentuh sekitar 26,4 juta orang dengan kebutuhan dua dosis per orang," tambahnya.

"Vaksinasi pada target anak akan menjadi wajib dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya, mengingat kegiatan aktivitas sosial masyarakat, termasuk di sektor pendidikan secara bertahap kembali berjalan normal."

Sebelumnya, Menko Muhadjir Effendy menyampaikan, vaksinasi anak-anak akan dilaksanakan setelah ada izin dan diterapkan pada tahap awal di daerah yang sudah tinggi vaksinasi terhadap lansia.

“Vaksinasi akan dipercepat dengan target Desember 2021 untuk dosis 2 di atas 60 persen,” ucap Muhadjir usai rapat terbatas bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Senin, 1 November 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.