Sukses

Deddy Corbuzier Tak Setuju Ada Duta Karantina, Sindir Rachel Vennya?

Dugaan selebriti Instagram Rachel Vennya yang kabur dari karantina membuat warganet geram. Tanggapan pun berdatangan salah satunya dari mantan mentalis Deddy Corbuzier.

Liputan6.com, Jakarta Dugaan selebriti Instagram Rachel Vennya yang kabur dari karantina membuat warganet turut buka suara. Tanggapan pun berdatangan salah satunya dari mantan mentalis yang kini aktif di media sosial, Deddy Corbuzier.

Dalam Instagram pribadi (@mastercorbuzier) mengunggah foto dengan tulisan berwarna merah yang diduga merujuk pada kasus Rachel Vennya.

Tulisan itu berbunyi: “Kalau abis ini ada duta karantina… Gue pindah warga negara.”

Dalam keterangan gambar tersebut, ayah satu anak itu menambahkan: “Canda Karantina,” dengan emot tertawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkait Duta Karantina

Isu terkait duta karantina sebelumnya mendapat tanggapan dari psikolog dari Enlightmind, Nirmala Ika Kusumaningrum.

Ia tak setuju jika para influencer dengan kesalahan-kesalahannya malah dijadikan duta.

“Jujur saya enggak setuju kalau pelanggar dijadikan duta, kalau seperti itu malah seperti diberi panggung. Kalau influencer apa yang dicari? Ya panggung, jadi jangan kasih panggung," katanya melalui sambungan telepok kepada Health Liputan6.com ditulis Sabtu (16/10/2021).

Nirmala lebih setuju jika sanksi yang diberikan sesuai dengan aturan pemerintah.

“Apapun sanksi yang diberikan ke dia ya sesuaikan aja sama aturannya. Anggap aja dia rakyat biasa ketika dihukum, apa ada sanksi finansial, pemblokiran, terserah saja sesuai aturan," ujarnya.

“Tapi, gunakan ketenaran dia itu untuk mengedukasi masyarakat bahwa ketika kita melanggar maka ini dampaknya," Nirmala melanjutkan.

Nirmala juga berpesan, semua aturan yang sudah dibuat pemerintah harus ditegakkan dengan tegas. Jangan karena dia influencer kemudian malah jadi longgar, ini malah akan ditiru masyarakat nantinya.

3 dari 4 halaman

Klarifikasi sebagai Bentuk Tanggung Jawab

Walau sempat mengunggah permintaan maaf di story Instagram-nya sosok yang akrab disapa Buna ini belum mengklarifikasi kasus tersebut secara langsung.

Padahal, tak sedikit warganet meminta Rachel Vennya untuk segera mengklarifikasi kasus tersebut.

Klarifikasi yuk Buna hihihi kemarin pas dana bansos langsung cepet klarifikasinya,” kata seorang warganet.

Terkait hal ini, Nirmala memberi saran pada Rachel Vennya untuk terbuka dan mengungkapkan apa yang terjadi dengan jujur.

“Menurutku ya klarifikasi saja. Dia harus bertanggung jawab dan klarifikasi itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab,” ujar Nirmala.

Nirmala, menambahkan, klarifikasi adalah kesempatan bagi Rachel untuk mengatakan yang sebenarnya. Jika memang dia pergi dari karantina, dia bisa menjelaskan alasannya.

“Ini salah satu kesempatan dia, misal dia punya alasan kuat pergi dari karantina ya sampaikan saja sejujurnya dan minta maaf kalau merasa tindakannya jadi membuat heboh.”

Selain klarifikasi dan minta maaf, Rachel juga bisa menjelaskan kepada masyarakat jika memang dia terbukti salah, maka hal yang dia lakukan itu bukan untuk ditiru.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.