Sukses

Kenali Apa Itu Monachopsis dan Bagaimana Menanganinya?

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak alasan mengapa kita mungkin merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitar kita, misalnya seperti ketidaknyamanan dalam situasi sosial. Kondisi ini menjadi fenomena umum, yang biasa di sebut dengan monachopsis.

Lantas apa itu monachopsis dan bagaimana menanganinya?

Dilansir dari The Online Practical Psychologist, Selasa (12/10/2021), Monachopsis adalah pengalaman yang mungkin bisa di hubungkan, setidaknya dari waktu ke waktu lain. Hal ini sebenarnya bukan masalah besar jika tidak menggangu saat menjalani kehidupan sehari-hari.

Namun, monachopsis adalah keadaan yang selalu ada dalam beberapa kasus, di mana dapat terjadi secara negatif dalam pikiran, perasaan, dan perilaku. Kondisi ini dapat berbahaya jika sampai ke tahap gangguan kecemasan sosial (social phobia).

Gangguan kecemasan sosial dapat didiagnosis melalui ketakutan akan situasi yang membuat penderitanya merasa tertekan. Tetapi, kondisi monachopsis di sini belum tentu mencapai tahap itu, karena banyak orang mengalami versi kecemasan sosial yang tidak terlalu parah dalam bentuk kegelisahan ringan hingga sedang saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dalam kelompok.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apa yang Dapat Dilakukan?

Seseorang dapat menangani untuk mengurasi monachopsis tergantung pada apa yang menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, dari sekian banyak kemungkinan, tindakan berikut yang dapat di lakukan:

1. Monochopsis dapat diperlakukan seperti merasakan psikologis batin yang lainnya, seperti mengirim sinyal penting dari tubuh. Dengan cara ini, monachopsis tidak harus dianggap sebagai hal yang buruk. Mencatat kapan, di mana, dan dengan siapa saat mengalami monachopsis dapat membantu menyingkirkan penyebab ketidaknyamanan yang menjadi pemicunya.

2. Menumbuhkan sikap membantu terhadap monachopsis. Kondisi monachopsis mungkin hanya menggambarkan berada dalam situasi yang tidak nyaman, sehingga menimbulkan kecemasan. Tetapi dengan kondisi ini, juga dapat menjadi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan melewati fase tidak nyaman tersebut.

3. Terakhir, dapat mencoba untuk membiarkan monachopsis "hadir" daripada mencoba melawan nya. Dalam hal pikiran dan perasaan, seseorang sering mencoba untuk menekan atau menolak perasaan yang sedang dirasakan itu, namun dengan cara seperti itu akan mendapatkan lebih banyak perasaan tidak nyaman.

Dalam kasus ini, seseorang yang mengalami monachopsis dapat menghabiskan waktu sendirian atau di lingkungan dengan penekanan rendah atau situasi sosial yang sepi. Namun, kebalikan nya, jika dalam lingkungan yang sibuk ia akan cenderung introvert, karena mungkin merasa tidak pada tempatnya.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19