Sukses

Psikolog Bagi Tips agar Jiwa Sehat Selama Pandemi, Salah Satunya Jalani Hobi

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan jiwa merupakan aspek yang perlu dijaga seperti layaknya kita menjaga kesehatan fisik kita. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini yang 'memaksa' kita lebih banyak di rumah.

Psikolog klinis dewasa Nago Tejana mengatakan bahwa ada beberapa cara agar kesehatan jiwa tetap terjaga. Salah satunya dengan melakukan hobi yang disukai. Berikut lima hal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat jiwa selama pandemi:

1. Kurangi Pakai Media Sosial

“Terlalu sering membuka media sosial bisa membuat kita menjadi mudah cemas karena informasi yang masuk berlebih dan di luar batas kemampuan kita untuk mengendalikannya,” jelas Nago.

Menurut Nago, mencari berita di media sosial atau internet itu memang perlu tapi jangan lupa juga untuk mencari hal-hal lain yang lebih menyenangkan, menghibur atau menginspirasi agar suasana hati lebih tenang.

2. Memasak Bersama Keluarga

Tak dimungkiri aktivitas memasak semakin digemari masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

“Fungsi memasak bukan cuma untuk sebagai hiburan atau pengalihan. Memasak bisa membantu kita untuk tetap produktif, sehingga tidak hanya pasif lantaran dipaksa pandemi,” ujar Nago.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menemukan peluang usaha dari memasak. Di situs jual beli kini makin banyak orang yang memulai bisnis daring makanan dan minuman dari rumah.

“Terlihat dari jumlah UMKM lokal yang berjualan makanan dan minuman lewat Tokopedia Nyam meningkat lebih dari 4 kali lipat selama Juli 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu,” tutur External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021.

 

2 dari 3 halaman

3. Berkebun

Bukan cuma bikin cantik dan rumah sejuk, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran. Tak heran aktivitas berkebun menjadi salah satu hobi yang dilakoni masyarakat selama pandemi.

“Berkebun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mental kita. Kita bisa melatih konsentrasi, menata dengan mindful, serta kembali terkoneksi dengan alam yang mungkin selama ini kita tinggalkan,” terang Nago.

 

3 dari 3 halaman

4. Berolahraga di Rumah

 

Bukan cuma bikin bugar, Nago menjelaskan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Di situs jual beli Tokopedia kategori Olahraga, peralatan untuk berolahraga memang banyak dicari. Seperti matras senam, pakaian olahraga dan alat olahraga yang dapat digunakan di rumah seperti disampaikan Ekhel.

5. Cemas Berlarut? Tak Ada Salahnya Hubungi Ahli

Gangguan kecemasan berlebih yang telah mengganggu pola hidup atau membuat selalu gelisah menjadi tanda seseorang perlu bantuan profesional.

“Meminta bantuan profesional kesehatan mental bukanlah suatu hal yang memalukan. Justrulangkah tersebut adalah bukti bahwa kita peduli dan sadar akan pentingnya menjaga diri,” kata Nago.