Sukses

4 Cara Agar Tak Mendengkur Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Mendengkur atau ngorok adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan suara kasar dan keras ketika tidur.

Kondisi ini merupakan dampak dari terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan, dan mendengkur dapat terjadi pada siapa saja.

Faktanya, Johns Hopkins Medicine menyebut bahwa sekitar 45 persen orang dewasa mendengkur sesekali, dan 25 persen lainnya ngorok secara teratur.

Namun, di satu sisi, mendengkur juga bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi tidur (seperti sleep apnea).

Tergantung dari permasalah yang ada, cara agar mendengkur saat tidur pun beragam. Berikut tips yang bisa Anda ikuti seperti dikutip dari situs Health pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Jika Saluran Napas Anda terlalu Sempit

Kepala ahli saraf dan spesialis tidur untuk Tatch, Chelsie Rohrscheib menjelaskan, jika masalah Anda adalah memiliki saluran udara yang terlalu sempit, maka dilator hidung, seperti strip hidung dapat membuka saluran hidung Anda dan mengurangi dengkuran.

Jika Anda Memiliki Alergi

Dilator hidung juga dapat membantu orang dengan alergi.

Selain itu, Rohrscheib menyarankan untuk mencoba semprotan hidung, menggunakan pelembab udara, dan minum antihistamin sebelum tidur. Masing-masing opsi ini akan membantu peradangan hidung yang disebabkan oleh alergi.

3 dari 4 halaman

Jika Anda Tidur Terlentang

Seseorang dengan kebiasaan tidur terlentang mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengubah kebiasaan tidurnya.

Dokter bersertifikat ganda di Psikiatri dan Pengobatan Tidur dan pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu, MD menyarankan untuk mencoba menjahit bola tenis di bagian belakang baju Anda.

Langkah ini mungkin terdengar ekstrem, tetapi ini akan membantu Anda berguling ke samping setiap kali Anda mendarat telentang di malam hari, dan menghentikan Anda dari mendengkur.

4 dari 4 halaman

Langkah-langkah Lain untuk Mengurangi Dengkuran

Selain 3 cara di atas, ada beberapa kebiasaan tambahan yang dapat membatasi atau menghentikan dengkuran Anda meliputi:

  • Mengurangi atau memotong alkohol dan penggunaan obat penenang sebelum tidur
  • Menggunakan strip hidung untuk menjaga saluran hidung Anda lebih terbuka saat Anda tidur
  • Berhenti merokok, karena mengiritasi saluran hidung

Jika Anda merasakan keluhan berlanjut akibat dari mendengkur tersebut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, dan jangan lupa untuk mengajak orang yang sering mendengar Anda mendengkur agara dokter bisa mendapatkan informasi yang lebih detail.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mendengkur adalah salah satu jenis gangguan tidur yang cukup banyak dialami. Penderitanya sendiri bisa jadi tidak merasa terganggu.
    mendengkur
  • Dengkur merupakan suara kasar atau bising yang terjadi ketika pernapasan seseorang mengalami hambatan saat tertidur.
    Dengkur
  • tidur
  • ngorok