Sukses

Deretan Ide Camilan Sehat untuk Buah Hati, Pengganti Makanan Manis

Untuk menyiasati keinginan si buah hati akan sajian manis, ada beberapa cara yang dapat Bunda lakukan seperti membuat camilan sehat sendiri di rumah

Liputan6.com, Jakarta Risiko di balik makanan dan minuman manis favorit anak-anak pastinya tidak boleh dianggap sepele ya Bunda. Sebagai orang tua, kita tentunya tidak ingin si buah hati mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut, berat badan, pencernaan dan risiko masalah kesehatan lainnya di masa depan.

Untuk menyiasati keinginan anak akan sajian manis, ada beberapa cara yang dapat Bunda lakukan di rumah. Selain membatasi konsumsi makanan manis, cara lainnya adalah dengan menyajikan makanan yang terkontrol kadar gulanya dan aman untuk kesehatan anak.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa ide camilan sehat untuk menggantikan makanan manis seperti permen, kue hiasan gula, cokelat, es krim dan minuman bercita rasa manis lainnya.

1. Potongan buah segar

Ganti makanan manis yang disukai Si Kecil dengan bermacam potongan buah segar. Beberapa pilihan buah seperti semangka, jeruk dan mangga juga memiliki cita rasa manis, namun jauh lebih sehat untuk anak.

2. Puding buah

Bunda juga dapat membuat puding yang rasa manisnya didapat dari campuran buah asli. Campurkan buah yang telah dihancurkan menjadi jus ke dalam larutan agar, dan sajikan dengan menggunakan cetakan bentuk yang unik

3. Kacang Almond

Kacang almond memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika para orang tua menjadikan almond sebagai camilan sehat dibandingkan camilan lain yang mengandung banyak gula. Segenggam kacang almond bergizi dapat meningkatkan perasaan kenyang sekaligus menjaga agar anak Anda tetap bersemangat sepanjang hari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ide Camilan Sehat

4. Puding Selai Kacang dan Jelly Chia

Biji chia terkenal dengan nutrisi dibutuhkan anak-anak. Termasuk di dalamnya ada protein, lemak sehat, magnesium, kalsium, mangan, dan fosfor. Resep puding selai kacang dan jelly chia ini memadukan blueberry yang kaya antioksidan. Serta selai kacang yang lembut dan menggunakan santan sehingga aman untuk anak-anak yang perlu menghindari produk susu.

6. Sandwich Apel dan Selai Kacang

Selai kacang dan apel adalah kombinasi yang lezat dan mengenyangkan. Mintalah anak mengoleskan selai kacang favoritnya di antara irisan apel untuk camilan kaya serat dan protein. Cara lain untuk menikmatinya, lapisi tepi apel dengan biji rami, biji chia, atau kacang cincang untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah.

7. Muffin Oatmeal Pisang

Kebanyakan muffin sarat dengan bahan-bahan seperti tambahan gula dan tepung putih, padahal keduanya harus dibatasi untuk makanan anak-anak. Bunda bisa menyiasati dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat, seperti pisang, gandum gulung, dan yogurt susu murni. Rasa manis alami mereka berasal dari pisang dan sedikit sirup maple.

Selain dari makanan, umumnya asupan gula tambahan juga bisa diperoleh anak dari minuman. Untuk itu, jangan biasakan memberikan mereka minuman selain air mineral. Bawa selalu botol air minum bersamanya dan berikan minum air mineral setiap ia merasa haus.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.