Sukses

Lakukan Diet dengan Minum Air Putih, Begini Manfaatnya

Banyak konsumsi air putih saat diet dapat mencegah dehidrasi dan kekurangan cairan.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai macam diet dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain lebih sehat, orang dengan berat badan ideal dapat tampil lebih menarik dan percaya diri.

Diet air putih saat ini menjadi salah satu pilihan diet. Diet air putih dipercaya menjanjikan penurunan berat badan dengan cara yang mudah dan murah.

Dilansir Klikdokter, Selasa (5/10/21), tubuh manusia terdiri dari 70% persen air. Oleh karena itu, konsumsi air yang cukup sangat penting untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan.

Jika Anda kekurangan cairan tubuh sebesar 1-3 persen saja sudah bisa merasakan dampaknya, seperti terganggunya pengaturan suhu tubuh, kurang fokus, konsentrasi, memori, motivasi, dan produktivitas kerja.

Mengonsumsi air yang cukup pada tubuh dapat melancarkan pencernaan dan melegakan sembelit, serta mencegah penumpukan kristal di ginjal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Banyak Mengonsumsi Air Putih Saat Diet

Tingkatkan Laju Metabolisme

Menurut penelitian, minum 500 ml air dapat meningkatkan metabolisme 24-30 persen selama 1,5 jam. Maka dari itu, jika Anda konsumsi air putih maka dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Jika Anda dalam program diet, minumlah 500 ml air sebelum makan, karena sebuah studi menemukan hal itu berhasil menurunkan berat badan selama 12 minggu.

Minum air dingin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Air dingin dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori untuk menyesuaikan suhu air dingin dengan suhu tubuh yang lebih hangat.

Turunkan Nafsu Makan

Konsumsi air putih dapat membantu menurunkan nafsu makan. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi air putih sebelum makan dapat membantu penurunan berat badan sbesar 2 kilogram dalam waktu 3 bulan.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi air putih sebelum makan, makanan yang dikonsumsi akan berkurang 13 persen.

Nol Kalori

Hindari minuman yang memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jika Anda sedang dalam program diet, minum air putih yang hanya memiliki nol kalori.

Anda dapat mengonsumsi teh dan kopi, tentunya tanpa susu dan gula.

 

Penulis : Alicia Salsabila

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.