Sukses

Jaga Kesehatan Jantung Anak Sejak Dini, Berikan Makanan Sehat Ini di Rumah

Yuk, intip sejumlah makanan sehat dan enak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anak

Liputan6.com, Jakarta Jantung merupakan organ paling vital di dalam tubuh manusia. Pasalnya, jantung bertugas menyuplai darah ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh agar berfungsi dengan optimal. Karena berkaitan langsung dengan berbagai organ lain, maka dari itu menjaga kesehatan jantung adalah hal penting dan mutlak dilakukan oleh setiap orang

Tak perlu menunggu dewasa dan tua, jaga organ jantung justru sangat penting dilakukan sejak dini. Dengan begitu anak bisa tumbuh sehat dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Salah satu cara menjaga jantung adalah lewat asupan makanan sehat dan bergizi seimbang. Yuk, intip sejumlah makanan enak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anak seperti dilansir dari KlikDokter berikut ini.

1. Sayuran Hijau: Bayam Hingga Sawi

Tak perlu ragu lagi berikan sayuran hijau kepada anak ya Bunda. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, dan sawi sudah terkenal tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Bahkan, sayuran hijau adalah sumber vitamin K yang baik, dapat membantu melindungi pembuluh darah arteri.

Di samping itu, sayuran hijau tinggi akan nitrat yang telah terbukti untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Meskipun tergolong makanan sehat, tapi tak mudah mengajak anak rajin makan sayur. Bunda bisa coba mengkreasikan sayuran hijau bersama makanan lain yang seringkali disukai anak.

2. Ikan Salmon

Berikan anak makanan ikan seperti salmon, makarel hingga tuna yang kaya dengan asam lemak omega-3. Kandungan ini baik untuk kesehatan jantung anak. Selain itu, ikan-ikan tersebut juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan total kolesterol, trigliserida darah, dan gula darah puasa. Bila tidak suka dengan ikan, minyak ikan dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan asam lemak omega-3.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buah Beri

Buah-buah beri, seperti stroberi, bluberi, beri hitam, dan raspberry penuh dengan nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan seperti anthocyanin menjadikan beri sebagai makanan untuk kesehatan jantung anak.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi bluberi setiap hari mampu meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Sel inilah yang membantu mengatur tekanan darah dan pembekuan darah.

4. Alpukat

Selain buah-buah beri, Anda juga dapat memberikan buah alpukat. Alpukat adalah sumber lemak monounsaturated yang baik. Selain itu, diketahui buah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Alpukat kaya akan kalium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Faktanya, satu buah alpukat dapat memberikan sebanyak 975 mg kalium atau sekitar 28 persen dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

3 dari 3 halaman

5. Biji-bijian Utuh

Biasakan anak Anda mengonsumsi biji-bijian utuh, karena memiliki serat yang tinggi dibanding biji-bijian olahan. Serat ini dapat membantu mengurangi kolesterol LDL yang jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung. Adapun jenis biji-bijian utuh yang bisa anak-anak rutin konsumsi, diantaranya gandum utuh, beras merah, gandum, gandum hitam, barley, soba, dan quinoa.

6. Dark Chocolate

Cokelat hitam mengandung senyawa flavonoid (polifenol) yang bisa menstabilkan tekanan darah, dan menghindarkan buah hati Anda dari pembekuan darah nantinya.

7. Oatmeal

Sama dengan biji-bijian utuh lainnya, oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus mencegah pembuluh darah jantung tersumbat. Agar anak tertarik mengonsumsi oatmeal, Bunda bisa mencampurkan bubur oatmeal dengan potongan buah yang memiliki warna cerah, seperti aneka beri, pisang, alpukat, atau parutan cokelat hitam.

Selain menambah warna, mengubah bentuk, dan meningkatkan cita rasa, campuran tersebut juga membuat oatmeal semakin kaya akan kandungan serat, asam lemak omega-3, asam folat, dan kalium. Seluruh kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah anak Anda.

Pastikan untuk mengolah makanan di atas secara tepat dan benar. Hindari memasak sayur dan ikan dengan bahan-bahan pengawet.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini