Sukses

6 Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Penderita Diabetes

Lidah buaya memang mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, magnesium, vitamin A, B, C, dan E, dan masih banyak lagi, sehingga ridak heran jika minuman jus lidah buaya dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika terdiagnosis diabetes melitus, upaya pengelolaan kadar gula darah harus dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi, seperti dengan menjalani pola hidup sehat dan rutin minum obat dengan resep dokter. Selain itu, ada bahan alami yang dipercaya mampu melawan diabetes, salah satunya adalag jus lidah buaya.

Dikutip dari Dr Health Benefits, Senin (04/10/2021), peningkatan kadar gula darah menyebabkan gangguan metabolisme yang disebut Diabetes Mellitus. Penyakit ini bisa terjadi karena produksi insulin yang bermasalah atau karena gangguan penyerapan gula darah akibat gangguan kerja insulin. Ada berbagai jenis diabetes, tetapi yang paling umum adalah diabetes tipe 2 yang merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh gangguan pada respons jaringan terhadap insulin, hal ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Untuk itu diperlukan pengetahuan dan kesadaran bagi penderita diabetes untuk mengatur konsumsi gula dan menjalankan pola hidup sehat. Baru-baru ini, selain pengobatan konvensional, para ahli juga telah mengembangkan dan meneliti beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mendukung pengobatan diabetes.

Selain dikonsumsi untuk kecantikan manfaat lidah buaya juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi, dan kolik. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tidak terlepas dari berbagai nutrisi baik yang terkandung di dalamnya, antara lain kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, seng, folat, antioksidan, vitamin A, B, C, dan E, ditambah beberapa enzim dan esensial asam amino.

Banyaknya nutrisi pada lidah buaya, menghasilkan jus lidah buaya yang juga memiliki banyak manfaat, berikut manfaat jus lidah buaya bagi penderita diabetes:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Jus Lidah Buaya sebagai Hipoglikemik

Selain untuk mata, lidah buaya memiliki manfaat untuk kemampuan hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) yang kuat. Oleh karena itu, tanaman berduri ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Bahan kimia dalam lidah buaya, seperti kromium dan alprogen, juga bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Kromium dipercaya berperan dalam merangsang sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan membantu menurunkan kadar gula darah.

3 dari 8 halaman

2. Memiliki Kandungan Glukomanan dan Antrakuinon yang Tinggi

Salah satu kandungan yang terkandung dalam jus lidah buaya adalah glukomanan. Kandungan ini adalah polisakarida dari jenis hemiselulosa yang terdiri dari rantai galaktosa, glukosa, dan mannose, sehingga mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tubuh, sebab itulah kadar gula darah bisa turun secara signifikan.

Antrakuinon, yaitu glikosida, dalam sari lidah buaya yang berfungsi sebagai “zat obat” alami dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak, dan memiliki efek hipoglikemik. Zat ini sangat diperlukan dalam proses pengobatan dan mencegah komplikasi akibat diabetes.

4 dari 8 halaman

3. Kaya Akan Antioksidan

Jus lidah buaya mengandung tingkat antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang tinggi. Zat tersebut dapat melindungi tubuh dari kemungkinan cedera yang akan terjadi pada penderita diabetes seperti bisul.

Selain itu, antioksidan ini juga berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi pada ginjal, otak, dan jantung.

5 dari 8 halaman

4. Mendorong Produksi Insulin

Lidah buaya merupakan bahan obat alami, sehingga kecil kemungkinan bagi pengguna untuk merasakan efek samping. Mengkonsumsi jus lidah buaya selalu dianjurkan sebagai alternatif yang bagus untuk suntikan insulin, karena tidak memiliki efek samping yang berpotensi membahayakan.

Selain itu, tanaman ini dapat mendorong produksi insulin. Sebab itulah, lidah buaya dapat mengendalikan hiperglikemia atau kadar gula darah yang tinggi.

6 dari 8 halaman

5. Membantu Menurunkan Kadar Gula

Dalam beberapa penelitian dan uji klinis, mengkonsumsi 2 sendok makan lidah buaya per hari telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Meski begitu, penderita diabetes tetap harus berhati-hati saat menggunakan lidah buaya untuk menurunkan gula darah, terutama jika sedang mengonsumsi obat diabetes.

Beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan tentunya sayang untuk dilewatkan, namun, tetap harus bijak dalam menggunakannya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin menggunakan lidah buaya untuk mengobati masalah kesehatan tertentu, karena penting untuk mencegah efek samping.

7 dari 8 halaman

6. Mencegah Dehidrasi dan Peradangan

Tanaman berduri ini mengandung banyak air, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengobati dan mencegah dehidrasi. Selain itu, bagi yang gemar melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi jus lidah buaya juga dapat mengembalikan stamina yang hilang setelah beraktivitas.

Lidah buaya sebenarnya dapat membantu mencegah peradangan dalam tubuh karena sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat dan menekan reaksi peradangan. Itulah manfaat jus lidah buaya yang kaya akan nutrisi, sehingga dapat berguna sebagai obat alami baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Penulis: Vania Dinda Marella

8 dari 8 halaman

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.